Sambut HUT TNI, Kodim Agam gelar Tour de Maninjau

id tour de maninjau

Sambut HUT TNI, Kodim Agam gelar Tour de Maninjau

Tim gabungan dari Polres Agam, Kodim 0304 Agam, Dinkes, BPBD dan lainnya sedang berbaris menjelang gladi bersih persiapan pengamanan rute yang dilalui peserta Tour de Maninjau, Sabtu (22/9). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam, Sumatera Barat, bakal menggelar even balap sepeda bertajuk Tour de Maninjau pada Sabtu (27/9), dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI ke-73 tahun dan mempromosikan objek wisata di daerah itu.

Koordinator Tour de Maninjau, Mayor Infantri Muhammad Kasni di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan Tour de Maninjau star dari Kantor Bupati Agam dan finis di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi dengan jarak tempuh 73 kilometer.

"Peserta akan melalui rute yang telah disediakan oleh panitia dan melewati Kelok 44," katanya saat gladi bersih persiapan pengamanan rute yang akan dilalui.

Ia mengatakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu tidak dibatasi dan minimal sebanyak 150 orang.

Peserta itu merupakan atlet lokal dari kabupaten, kota di Sumbar dan luar Sumbar.

"Panitia sudah membuka pendaftaran di sekretariat yang berada di kantor Kodim 0304/Agam dan Koramil 03 Lubukbasung," katanya yang juga menjabat sebagai Danramil 03 Lubukbasung.

Selain itu untuk memasyarakatkan olahraga sepeda dan mempromosikan objek wisata yang dimiliki Agam dan Bukitinggi kepada masyarakat luas.

"Kedua daerah ini sangat kaya dengan potensi wisata dan dengan kegiatan itu jumlah kunjungan akan meningkatkan dari tahun sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Kabag Operasional Polres Agam Kompol Adrial Guci menambahkan Polres Agam mengerahkan sebanyak 80 personel untuk mengamankan pelaksanaan Tour de Maninjau.

Ke 80 personel itu berasal dari Sat Lantas, Sat Sabara dan lainnya. Pengamanan itu juga melibatkan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Mereka akan berada di setiap persimpangan, pusat keramaian dan Kelok 44," katanya.