Gara-gara obat nyamuk bakar rumah Elpita ludes terbakar

id Kebakaran Rumah,Kebakaran di Agam,Obat Nyamuk Bakar

Gara-gara obat nyamuk bakar rumah Elpita ludes terbakar

Salah seorang anggota Pemadam Kebakaran Satpol PP Damkar Kabupaten Agam, sedang melihat bekas kebakaran di Padang Kunyiak Batu Hampa, Jorong Padang Tagak, Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubukbasung, Jumat (21/9). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Rumah Elpita warga Padang Kunyiak Batu Hampa, Jorong Padang Tagak, Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubukbasung, hangus terbakar setelah api obat nyamuk bakar membakar kasur pada Jumat (21/9) pagi.

Kepala Satpol PP Damkar Agam, Dandi Pribadi didampingi Kasi Operasional dan Penyelamatan, Maswar di Lubukbasung, Jumat, mengatakan api bisa dijinakan beberapa menit setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran beserta 20 personel yang sampai di lokasi melakukan upaya pemadaman.

"Mobil pemadam kebakaran sampai ke lokasi sekitar empat menit setelah mendapatkan informasi dari warga, karena kondisi jalan dalam keadaan sepi dari kendaraan," katanya.

Sebelumnya anggota sampai ke lokasi, puluhan warga telah berusaha untuk memadamkan api, sehingga mobil Damkar hanya memadamkan beberapa menit saja sehingga api sudah padam.

Hanya satu kamar dan peralatan rumah tangga milik korban yang hangus terbakar.

Diperkirakan korban mengalami kerugian sekitar Rp20 juta.

Ia menambahkan, sumber api diperkirakan berasal dari obat nyamuk bakar yang menjalar ke kasur korban.

Ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjauhkan api dari material mudah terbakar.

Selain itu memadamkan kompor saat meninggalkan rumah, menganti jaringan listrik yang sudah tua dan lainnya.

"Ini harus dilakukan agar tidak menjadi korban kebakaran dan kita telah memberikan selebaran tentang antisipasi kebakaran ke warga di daerah itu," katanya. (*)