BPJS Kesehatan optimalkan kanal pendaftaran hingga kecamatan

id bpjskesehatan, dropbox, uhc

BPJS Kesehatan optimalkan kanal pendaftaran hingga kecamatan

Pertemuan optimalisasi kanal pendaftaran kabupaten dan kota Sumatera Barat oleh BPJS Kesehatan kedeputian wilayah Sumatera bagian tengah dan Jambi.(Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengoptimalkan kanal pendaftaran hingga ke tingkat kecamatan dengan melibatkan aparatur setempat untuk mewujudkan cakupan target kepesertaan 95 persen hingga akhir 2018.

"Berdasarkan instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, seluruh jajaran pemerintah hingga ke tingkat daerah diminta berperan aktif sesuai kewenanagan dalam peningkatan cakupan kepesertaan, untuk itu kami bersinergi dengan aparatur kecamatan," kata Kepala BPJS cabang Padang Sisri Sembodo di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu pada pertemuan optimalisasi kanal pendaftaran kabupaten dan kota Sumatera Barat oleh BPJS Kesehatan kedeputian wilayah Sumatera bagian tengah dan Jambi.

Menurut dia untuk mewujudkan target kepesertaan pihaknya membangun kemitraan dan komunikasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengoptimalkan pendaftaran peserta mandiri.

Aparatur pemerintah perlu mengambil peran dengan bergotong-royong dalam menyukseskan pencapaian target kepesertaan, kata dia.

Sisri mengatakan dalam mengoptimalkan kanal pendaftaran hingga tingkat kecamatan pihaknya menyiapkan dropbox.

"Dengan demikian calon peserta tidak perlu mengantre panjang di Kantor BPJS Kesehatan,cukup dengan memasukkan berkas ke kotak pendaftaran yang terdapat di kantor kecamatan di masing-masing wilayah untuk diproses," ujarnya.

Ia menyampaikan pendaftaran melalui dropbox calon peserta cukup mendatangi kecamatan untuk menyerahkan berkas dan setelah itu akan dikonfirmasi dan dicatat oleh petugas di kecamatan atau Kader JKN-KIS di masing-masing kecamatan, kemudian nanti pihak BPJS Kesehatan akan mengambil berkas dan menginput data.

Setelah data diinput, calon peserta akan menerima virtual account dan melakukan pembayaran 14 hari kemudian, setelah melakukan pembayaran pihak BPJS Kesehatan akan mencetak kartu peserta JKN-KIS lalu akan didistribusikan kepada peserta.

Sisri berharao peran aktif pemerintah daerah dalam rangka percepatan rekrutmen peserta terutama segmen mandiri dengan megoptimalkan pemanfaatan kanal pendaftaran di Kecamatan.

Ia menyampaikan untuk wilayah kerja Padang sudah tersedia dropbox di 75 persen kecamatan di Padang, Kantor Cabang Bukittinggi 40 persen, Kantor Cabang Payakumbuh 22 persen , dan Kantor Solok 59 persen dari jumlah kecamatan di masing-masing Kantor Cabang.

Selain itu ia berharap tersedia tempat pembayaranoleh kecamatan yang bekerja sama dengan bank untuk dapat mempermudah akses pembayaran oleh peserta. (*)