935 caleg lolos sebagai peserta pemilihan DPRD Sumbar

id KPU Sumbar,Pileg,Caleg Sumbar

935 caleg lolos sebagai peserta pemilihan DPRD Sumbar

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Amnasmen (Antara)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan 935 calon anggota legislatif (Caleg) lolos ke tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Sumbar dalam Pileg 2019 di daerah itu.

Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen di Padang, Kamis mengatakan jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan jumlah yang ditetapkan oleh KPU Sumbar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yakni 875 orang.

"Jumlah ini meningkat karena caleg yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos dalam proses awal maupun tahap DCS dan mereka mengajukan gugatan ke Bawaslu dan lolos," kata dia.

Sebanyak 935 caleg tersebut terdiri dari 580 caleg laki-laki dan 355 caleg perempuan. Artinya, lanjutnya keterwakilan perempuan mencapai 37,97 persen dan melewati batas minimal yakni 30 persen keterwakilan perempuan.

Sebelumnya ada tujuh partai yang mengajukan sengketa ke Bawaslu, pihaknya bersama Bawaslu sepakat meloloskan 51 caleg melalui mediasi.

Selain itu pihaknya menyatakan caleg Partai Garuda tidak memenuhi syarat administrasi, kemudian mereka mengajukan gugatan dan akhirnya pihaknya bersepakat bersama Bawaslu meloloskan caleg mereka dalam tahap DCT ini.

"Ada sembilan caleg di daerah pemilihan Sumbar 1, satu caleg di dapil Sumbar 6 dan satu caleg di dapil Sumbar 7. Mereka semua ditetapkan sebagai calon tetap peserta pemilu," kata dia.

Selain itu ada dua caleg yang mengundurkan diri sebagai caleg yakni caleg dari Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Solidaritas Indonesia. Untuk caleg dari PKS, dirinya tidak dapat mengundurkan diri sebagai aparatur sipil negara.

Sementara caleg dari PSI mundur karena dirinya akan mengikuti tes penerimaan CPNS yang saat ini sedang dibuka.

"Sehingga jumlah caleg yang dinyatakan lolos ke tahap DCT adalah 935 orang. Kami pastikan tidak ada lagi penggantian atau penambahan caleg," kata dia. (*)