Wali Kota Solok terima anugerah Lencana Melati

id Zul Elfian,Pramuka,Lencana Melati

Wali Kota Solok terima anugerah Lencana Melati

Wali Kota Solok, Zul Elfian di Padang saat kegiatan pramuka. (Humas Pemkot Solok)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian, menerima tanda penghargaan Lencana Melati yang disematkan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada Peringatan Hari Pramuka ke 57, di Halaman Kantor Gubernur setempat, Selasa (18/9).

"Lencana Melati yang diterima Wali Kota Solok Zul Elfian merupakan salah satu lencana jasa. Lencana-lencana jasa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi Gerakan Pramuka," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang.

Lencana Melati, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

Lencana tersebut diberikan kepada seseorang tergantung pada dukungan moril dan materiil, baik itu dalam bentuk dana, sarana dan fasilitas yang telah diberikannya, serta pengabdian maupun pengorbanan tenaga, pikiran, waktu, dan karyanya.

Penyerahan penghargaan Lencana Melati, Lencana Darma Bakti serta Lencana Pancawarsa Gerakan Pramuka kepada Anggota Dewasa Gerakan Pramuka Sumatera Barat tersebut Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 096 Tahun 2018 pada 8 Agustus 2018.

Menurutnya, di usia ini sudah sangat nyata peranan pramuka di seluruh Indonesia. Gerakan Pramuka telah memberikan bukti sejarah, dimulai dari zaman penjajahan sampai saat ini gerakan pramuka sebagai perekat NKRI.

"Pramuka berjuang untuk negara, memberikan bukti atas persatuan, kebersamaan dan rumah bagi kita bersama. Tak peduli Suku, Agama dan Ras, pramuka rumah kita bersama," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar adik-adik anggota pramuka untuk ikut selalu aktif dan giat melaksanakan kegiatan pramuka, di seluruh sekolah.

"Pramuka digalakkan karena memberikan pembentukan karakter, perilaku sportif, jujur dan amanah kepada anggotanya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, guna menyambut peringatan Hari Pramuka ke 57, Kwarda Sumbar telah melaksanakan berbagai giat prestasi pramuka dan bakti sosial pembersihan kali yang diikuti sebanyak 350 orang.

"Kami tentunya berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta memajukan Pramuka Sumbar, termasuk gubernur yang telah memberikan dukungan besar kepada Pramuka Sumbar," ujarnya.

Wali Kota Solok, Zul Elfian menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kwartir nasional (Kwarnas) kepada dirinya.

"Terima kasih saya ucapkan atas penghargaan yang diberikan oleh Kwarnas, terutama kepada Kwarcab Pramuka Solok yang telah banyak berbuat dan bersinergi dalam memajukan pramuka, sehingga menghantarkan kami menerima penghargaan ini," ujarnya. (*)