Lapas Pariaman bekali napi dengan bercocok tanam

id Lapas pariaman,Pembekalan napi

Lapas Pariaman bekali napi dengan bercocok tanam

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pariaman, Sumatera Barat Pudjiono Gunawan. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pariaman, Sumatera Barat, membekali para narapidana untuk bercocok tanam.

"Para narapidana kami ajarkan cara bercocok tanam seperti menanam jagung, kacang tanah, singkong dan tanaman lainnya," kata Kepala Lapas Klas II B Pariaman, Pudjiono Gunawan, di Pariaman, Rabu.

Saat ini ujar dia, terdapat tiga titik atau sekitar satu hektare tanah telah digarap oleh para narapidana untuk bertanam jagung di kawasan Lapas Pariaman.

Ia mengatakan selain bercocok tanam, para narapidana juga melakukan budidaya ikan air tawar serta usaha jasa pencucian mobil dan sepeda motor.

"Para narapidana yang mengerjakan kegiatan itu akan mengakhiri masa hukuman sehingga diberikan bekal persiapan mental untuk menjalani kehidupan bermasyarakat," katanya.

Tujuannya agar para warga binaan tersebut memiliki kecakapan dalam membuka lapangan usaha seperti bertani setelah bebas dari penjara.

Ia mengatakan sebelum menanam jagung di sekitar lokasi Lapas tersebut para narapidana juga sudah menanam kacang tanah dan ubi kayu.

Uang hasil panen tanaman, budidaya ikan maupun jasa pencucian kendaraan tersebut, akan disetorkan sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan sebagiannya digunakan membeli bibit.

"Hasilnya memang tidak terlalu besar, namun harapan kami dengan adanya kegiatan seperti itu para narapidana bisa mengubah karakter dan mental ke arah yang lebih baik," kata dia.

Pihaknya juga meminta dan mengimbau kepada masyarakat setempat agar bersedia dan mau menerima keberadaan para narapidana yang telah menjalani hukuman.

"Kami berharap para mantan narapidana ini dapat diterima, dan jangan dikucilkan kalau perlu bimbing mereka ke arah yang baik," katanya. (*)