Gusmal minta guru kuasai kompetensi menulis

id Gusmal,Kompetensi Kompetensi Menulis

Gusmal minta guru kuasai kompetensi menulis

Bupati Solok, Gusmal saat memberi arahan pada pelatihan guru menulis 2018 di Padang, Rabu. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta guru di daerah itu menguasai kompetensi menulis agar dapat mengajar dengan baik dan dapat memenuhi persyaratan jika naik pangkat.

"Saya berharap semua guru di Kabupaten Solok memiliki kompetensi menulis yang baik, sehingga mudah mentransfer ilmu kepada siswanya," kata Bupati Solok Gusmal, di Padang, Rabu saat memberi arahan pada pelatihan guru menulis 2018.

Ia mengatakan dengan meningkatkan kemampuan menulis, juga akan memudahkan guru untuk melengkapi salah satu syarat dalam naik pangkat.

Dengan tema "membangun produktivitas guru dalam menulis buku", Bupati berharap guru tidak hanya mampu menulis ilmiah saja, tapi juga menghasilkan buku yang akan berguna bagi dunia pendidikan.

"Guru yang suka menulis, tulisannya tentu banyak, ini nanti bisa dibukukan dan menginspirasi orang lain," katanya.

Pada saat ini, jumlah guru Kabupaten Solok yang sudah bisa menulis dengan baik berjumlah 80 orang yang hendaknya akan bertambah dengan pelatihan ini, kata dia.

Gusmal mengajak semua guru dan dinas pendidikan mewujudkan masyarakat yang terdidik dan berpendidikan dengan bisa menulis.

Sementara itu, Kepala dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga setempat, Zulkisar mengatakan kualitas seorang guru sebagai pendidik akan mencerminkan bagaimana kualitas pendidikan dan hasil belajar yang dicapai.

Pada masa sekarang ini, guru diharapkan juga mampu menghasilkan karya tulis yang baik dan inovatif dalam kemajuan hasil pembelajaran.

"Guru diharapkan mampu membimbing murid dalam mengembangkan potensi menulis, jika guru tidak pandai menulis akan sulit meneruskan kemampuan menulis," katanya.

Pelatihan Menulis guru ini diikuti oleh 50 orang guru di Kabupaten Solok, diantaranya 29 guru SD dan 21 guru SMP. (*)