Bupati Solok minta website daerah dikelola maksimal untuk majukan daerah

id pelatihan pengelolaan website

Bupati Solok minta website daerah dikelola maksimal untuk majukan daerah

Bupati Solok Gusmal saat memberi arahan pada pelatihan pengelolaan website di Arosuka, Selasa (18/9). (Antara/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat untuk mengelola website daerah dengan baik agar dapat membantu memajukan daerah.

"Pengelolaan website yang maksimal akan berdampak pada kemajuan daerah, sebab melalui website semua orang akan mengetahui mengenai suatu daerah," kata Bupati Solok Gusmal, pada acara pelatihan pengelolaan website yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat di Arosuka, Selasa.

Ia menjelaskan melalui website OPD terkait bisa menyampaikan berbagai hal seperti potensi pariwisata, kebudayaan dan adat, selain itu juga menerangkan perkembangan suatu daerah dan jalannya pemerintahan.

Jika semua OPD dapat membagikan kegiatannya di website, tentu akan membantu promosi dan pengenalan daerah kepada dunia luar, kata dia.

Pelatihan pengelolaan website ini, juga mewujudkan "good and clean goverment" atau pemerintahan yang terbuka karena menampilkan keseluruhan daerah secara transparan.

"Jika semua informasi di lingkungan pemerintah setempat diintegrasikan melalui website, tentu akan memudahkan kerja OPD dan Kominfo dalam menginformasikan kegiatannya kepada masyarakat," katanya.

Selain itu melalui website juga akan memudahkan akses daerah dengan pemerintah pusat. Saat ini sudah semua orang dan pemerintah berlomba dalam mengembangkan website demi kemajuan daerah, bahkan website pemerintah daerah juga dinilai oleh pemerintah pusat.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Mulyadi Marcos mengatakan pelatihan wabsite ini akan meningkatkan pemahaman aparatur mengenai fungsi website dalam pengelolaannya di lingkup pemerintah daerah.

"Selain itu meningkatkan keterampilan operator dalam mengelola website," katanya.

Acara diikuti 60 orang dari berbagai OPD, juga dihadiri Kepala Dinas Koperindag Nasripul Romika, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Erizal, Kepala Kantor Kesbangpol setempat Editiawarman. (*)