Targetkan posisi 10 besar, Pariaman siapkan 510 kontingen ke Porprov Sumbar

id Syahrizal

Targetkan posisi 10 besar, Pariaman siapkan 510 kontingen ke Porprov Sumbar

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Pariaman, Syahrizal. (Foto Humas Pariaman)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyiapkan 510 kontingen untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XV yang akan diselenggarakan pada 16-25 November 2018 di Kabupaten Padang Pariaman.

"Sebanyak 510 kontingen tersebut terbagi atas 407 atlet dan 103 pelatih serta official," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONIi) setempat, Syahrizal di Pariaman, Selasa.

Dari 36 cabang olahraga yang diperlombakan pada pekan olahraga dua tahunan tersebut, Kota Pariaman akan mengikuti 32 cabang saja.

Pihaknya mengatakan pelaksanaan Porprov ke XV di Kabupaten Padang Pariaman, kontingen daerah itu masih mengunggulkan cabang olahraga seperti Tarung Derajat, Tinju Muathay, Wushu dan Sepatu Roda.

Alasannya beberapa cabang olahraga tersebut pada pelaksanaan Porprov 2016 di Kota Padang, mampu menyumbangkan medali terbanyak.

"Pelaksanaan Porprov 2016 di Kota Padang, cabang olahraga tersebut cukup mampu mengharumkan nama Pariaman sehingga kembali diunggulkan," ujarnya.

Ia mengatakan Porprov 2016 lalu, Kota Pariaman mampu mengumpulkan 106 keping medali dengan rincian 19 emas, 30 perak serta 57 perunggu dan berada di posisi 11.

"Setiap penyelenggaraan pemerintah setempat terus berusaha memperbaiki prestasi, dan tahun ini Kota Pariaman menargetkan posisi 10 besar atau naik satu tingkat dari sebelumnya," katanya.

Terkait penyelenggaraan ajang olahraga dua tahunan tersebut, terdapat empat venue yang berada di Kota Pariaman, kata dia.

"Empat lokasi atau venue di Kota Pariaman tersebut diantaranya Gedung Olahraga Sutan Rajo Bujang, Lapangan Tenis Karan Aur, Lapangan Futsal Tamar Medical Centre dan Lintasan Sepatu Roda di Pantai Cermin," ujar dia.

Setelah berkoordinasi dengan pihak panitia, para kontingen asal Kota Pariaman akan ditempatkan di salah satu SMA Patamuan Kabupaten Padang Pariaman.

Ia menambahkan pada 2022 atau tepatnya Porprov ke XVI Kota berjuluk "Tabuik" tersebut juga siap menjadi tuan rumah untuk mendukung semangat sportifitas. (*)