Irdinansyah Tarmizi berharap suasana pileg di Tanah Datar kondusif

id Pileg, tanah datar, caleg, pemilu

Irdinansyah Tarmizi  berharap suasana pileg di Tanah Datar kondusif

Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengharapakan agar suasana atau iklim yang ada di tengah-tengah masyarakat dapat tetap kondusif jelang pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

"Mari sama-sama kita menjaga suasana kondusif agar tidak ada gesekan antara sesama masyarakat dan tetap mengedepankan rasa kekeluargaan," katanya saat bersilaturahmi dengan masyarakat Lintau 9 Koto di Lintau, Minggu.

Ia menyebutkan, pemilihan legislatif yang akan digelar tersebut hendaknya dapat berjalan dengan damai dan kondusif tanpa ada gesekan diantara sesama pendukung calon.

Menurut dia, proses demokrasi tersebut hendaklah dilakukan secara kekeluargaan, apabila ada calon yang melakukan sosialisasi ke suatu daerah selain daerahnya, maka silahkan dihormati dan tetap menjaga hubungan baik.

Ia menambahkan, perkembangan politik di daerah tersebut terbilang cukup luar biasa, sebab untuk dua kecamatan di daerah Tanah Datar yaitu Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lintau 9 Koto terdapat 72 orang bakal calon legislatif.

Keseluruh calon tersebut menurutnya akan memperebutkan suara mulai dari DPRD kabupaten DPRD provinsi hingga ke DPR RI.

Sementara untuk dua kecamatan tersebut terdapat sebanyak 85 buah jorong atau dusun dan dengan jumlah pemilih sebanyak lebih kurang 46 ribu, diantaranya dari Kecamatan Lintau Buo Utara sebanyak 28 ribuan dan Kecamatan Lintau Buo sebanyak 18 ribuan pemilih.

"Luar biasa, suatu fenomena baru terjadi di Lintau 9 koto, terdapat 72 orang bacaleg yang siap untuk bersaing, untuk itu saya berharap lakukanlah sosialisasi secara kekeluargaan," ujarnya.

Ketua pelaksana silaturami, Desmon Efendi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan berangkat dari ide masyarakat Lintau 9 Koto untuk mempererat silaturahmi sebelum dilaksanakannya pesta demokrasi.

Menurutnya, masih banyak masyarakat Lintau 9 Koto yang belum mengetahui calon legislatif yang berasal dari daerah mereka, oleh sebab itu pihaknya sekaligus mengundang seluruh bacaleg asal daerah Lintau pada acara silaturahmi tersebut. (*)