Wali Kota Padang berharap media patuhi kode etik jurnalistik

id mahyeldi

Wali Kota Padang Mahyeldi (kiri) menyerahkan buku Memimpin Adalah Melayani kepada Kepala Biro LKBN Antara Sumbar Azhari di Padang, Sabtu (15/9). (Antara Sumba/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Padang Mahyeldi berharap media massa yang ada di daerah itu dalam menjalankan aktivitas senantiasa memegang teguh kode etik jurnalistik.

"Apalagi saat ini begitu banyak media yang hadir terutama daring, jika ingin tetap dipercaya masyarakat maka kuncinya adalah patuhi kode etik jurnalistik," kata dia di Padang, Sabtu saat bersilaturahim dengan Kepala Biro LKBN Antara Sumbar Azhari.

Menurutnya di tengah derasnya arus informasi saat ini masyarakat butuh pencerahan oleh sebab itu media harus menyampaikan kebenaran dan jangan menayangkan berita hoaks.

"Termasuk para wartawan bertugas dengan profesional dan junjung tinggi kode etik," kata dia.

Mahyeldi menceritakan pernah berdiskusi dengan organisasi wartawan dan menanyakan sejauh mana tanggung jawab organisasi wartawan melahirkan jurnalis yang andal.

"Idealnya organisasi wartawan juga ikut berkontribusi mendorong lahirnya wartawan dan media yang profesional sehingga lahir karya berkualitas yang mencerahkan masyarakat," kata dia.

Selain itu ia juga mendorong hadirnya media yang independen, objektif dan berimbang.

"Misalnya ketika pilkada, jangan berpihak kepada salah satu calon, berikan porsi yang sama," katanya lagi.

Pada sisi lain selain wartawan yang profesional ia mengatakan media harus memiliki badan hukum, susunan redaksi yang jelas dan alamat kantor sebagaimana disyaratkan oleh Dewan Pers. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar