Ribuan warga Agam gelar pawai rayakan tahun baru Islam

id Agam

Bupati Agam Indra Catri melepas Pawai Taaruf yang digelar pemerintah setempat dalam perayaan tahun baru islam 1440 Hijriah. (Antara Sumbar/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Ribuan warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengikuti pawai Taaruf yang digelar pemerintah daerah setempat dalam rangka perayaan tahun baru Islam 1440 Hijriah.

Bupati Agam Indra Catri di Lubukbasung, Sabtu mengatakan perayaan tahun baru islam sebagai momentum untuk mengevaluasi diri agar lebih baik di masa yang akan datang, salah satunya dengan meningkatkan keimanan.

"Kami mengimbau masyarakat agar untuk terus menyemarakkan syariat Islam di daerah ini," katanya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Agam, Syatria mengatakan pawai Taaruf ini diikuti sebanyak 1.380 peserta yang berasal dari 46 grup utusan siswa mulai tingkat sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, SMP,MTs, SMA, MA dan SMK di daerah itu.

"Satu grup dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang. Peserta menggunakan pakaian muslim, menampilkan kesenian tradisional tambua tansa, rabana dan lainnya," katanya.

Pawai taaruf itu dilepas Bupati Agam Indra Catri di depan kantor bupati Sabtu (15/9) pada pukul 07.30 WIB. Para peserta menempuh rute dari kantor bupati, Simpang Tembok, Simpang Tiga, Lapau Talang dan kembali ke kantor bupati dengan jarak tempuh sekitar tiga kilometer.

"Peserta akan dinilai mulai dari gerak, kedisiplinan dan lainnya. Bagi juara akan mendapatkan tabanas," tambahnya.

Selain pawai taaruf, Pemda Agam juga menampilkan hafiz dan panduan suara lagu nagari madani dalam perayaan tahun baru kali ini. Sementara untuk tingkat kecamatan dan nagari, juga diadakan pawai obor, tablig akbar dan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar