Langkah Pariaman promosikan pariwisata

id Genius Umar,PMI Pariaman

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar (tengah) saat menyambut kunjungan personel PMI Kota Pariaman. (Humas Pariaman)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, terus berupaya menjadikan even-even skala nasional sebagai ajang promosi wisata dan potensi daerah untuk meningkatkan angka kunjungan ke kota itu.

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu mengatakan melalui even Temu Karya Relawan Nasional (TKRN) yang diikuti oleh delapan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat pada 13 hingga 23 September 2018 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pengenalan potensi pariwisata Pariaman terus dilakukan.

Ia mengatakan kontingen PMI Kota Pariaman harus dapat mengikuti berbagai acara tingkat nasional dengan memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang promosi wisata daerah.

"Selain memperluas jaringan, silaturahim serta menggali ilmu lebih banyak, relawan PMI harus mampu memberikan daya tarik agar orang berkunjung ke Pariaman," kata dia.

Bentuk promosi tersebut, katanya, tidak terbatas hanya destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman saja, melainkan bisa berupa promosi potensi daerah, kegiatan wisata serta makanan serta kerajinan khas daerah.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Pariaman Syahrul menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti even nasional tersebut.

Termasuk pula persiapan untuk mempromosikan Kota Pariaman dalam kegiatan TKRN tersebut, ujar dia.

"Kontingen Pariaman membawa makanan khas daerah seperti ladu arai pinang, sala, teh telur dan sebagainya sebagai bentuk promosi kuliner Pariaman," ujarnya.

Selain itu, relawan PMI Pariaman juga membawa brosur-brosur dan kalender wisata daerah untuk dipromosikan kepada ribuan peserta dari seluruh tanah air serta perwakilan negara sahabat dalam even tersebut.

"Kami juga membawa miniatur tabuik serta akan menampilkan pertunjukan kesenian gandang tasa nantinya," ujar dia.

Ia berharap upaya promosi wisata sembari menambah ilmu dalam even tersebut dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan berimbas baik pada sektor wisata daerah.

Seraca umum, kontingen PMI Kota Pariaman yang terdiri dari delapan orang merupakan yang terbanyak dibandingkan utusan kabupaten dan kota lainnya di Sumbar.

Nantinya kontingen Pariaman akan bergabung bersama daerah kabupaten dan kota se-Sumbar yang dikoordinir oleh PMI Sumbar. Keseluruhannya akan berangkat ke Jawa Barat pada Rabu sore.

Adapun kedelapan orang kontingen PMI Pariaman yakni Arfines Yustin, Ahmad Baykuni, Indra Gustian, Hidayat Saputra, Anggun sulistiawati, Meyli rosalinda Tanjung, Kiki Laksmana Putra dan Nurul Hidayah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar