Nagari Sungai Aur Pasaman Barat bangun pasar bertingkat dari dana alokasi nagari

id Pasar

Pembangunan pasar bertingkat dilakukan oleh Pemerintah Nagari Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat sebagai solusi atasi kemacetan dan penertiban pedagang.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Nagari Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, membangun pasar bertingkat menggunakan dana alokasi nagari.

Menurut Wali Nagari Sungai Aur, Erwin Lubis, Selasa, semakin banyaknya pedagang yang berjualan di Pasar Sungai Aur membuat pedagang selalu tumpah hingga ke tepi jalan raya dan macet.

Akibatnya tidak hanya menganggu kenyamanan pengguna jalan, kondisi tersebut juga membahayakan pedang dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli.

Menyikapi kondisi itu, katanya, Pemerintah Nagari Sungai Aur membangun pasar bertingkat di nagari tersebut.

"Pembangunan pasar bertingkat di latarbelakangi oleh area pasar yang tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan perluasan sehingga pemerintah nagari berinisiatif membangun pasar bertingkat," ujarnya.

Menurutnya pasar dengan luas 220 meter persegi tersebut dibangun menggunakan alokasi dana nagari (ADN) sebesar Rp650 juta.

Pembangunan telah dilakukan sejak Juli 2018 dan ditargetkan selesai Oktober 2018.

Ia mengaku sudah sering menerima keluhan terkait pedagang yang tumpah ke jalan dan menganggu arus transportasi kendaraan.

"Kita berharap setelah pasar selesai dibangun maka pedagang bisa kita tertibkan," ujarnya

Selain untuk penertiban, pembangunan Pasar Nagari Sungai Aur diharapkan juga dapat meningkatkan Pendapat Asli Nagari (PAN) tersebut.

Pembangunan dan pembenahan pasar yang ada sejalan dengan program Pemkab Pasaman Barat yang ingin membenahi pasar tradisional yang ada di Pasaman Barat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar