Bupati: program Tahfizh bentuk akhlak mulia pada anak

id Tahfizh, al quran, tanah datar

Bupati: program Tahfizh bentuk akhlak mulia pada anak

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mewisuda santri hafizh Al Quran dari Rumah Tahfizh Alquran Fisabilillah Batusangkar. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), Irdinansyah Tarmizi menilai keberadaan program Tahfizh Al Quran yang ada di daerah tersebut dapat membentuk akhlak mulia pada anak.

"Saya yakin salah satu cara untuk menciptakan anak yang cerdas dan berakhlak mulia adalah dengan mengembangkan program tahfizh Al Quran," katanya di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan, keberadaan rumah tahfizh tersebut juga tidak hanya memiliki efek terhadap anak, akan tetapi juga terhadap orang tua dengan terbentukny persatuan orang tua menghafal Alquran.

Sementara itu bagi anak-anak yang sudah menjadi hafizh, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa penghargaan serta keistimewaan dalam hal pendidikan umum.

Bebarapa penghargaan atau bonus yang akan diberikan diantaranya adalah studi banding ke luar negeri, bebas masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri dan bahkan hadiah umrah dari pemerintah daerah serta donatur.

"Terhadap anak-anak yang sudah hafizh dengan batas yang telah ditentukan akan diberi keistimewaan dengan tidak memberlakukan zona sekolah favorit yang ingin mereka masuki," kata dia.

Irdinasyah menambahkan, perkembangan Rumah Tahfizh di daerah Tanah Datar cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan. Awalnya pada 2016 hanya ada 6 rumah tahfizh dan saat ini sudah ada sebanyak 121 rumah tahfizh.

"Saat ini Tanah Datar sudah memiliki 121 rumah tahfizh dan sebagian sudah dibina oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Sebelumnya, Irdinansyah mewisuda sebanyak 52 orang santri hafizh 1 sampai 6 juz yang telah menjalani pendidikan di Rumah Tahfizh Alquran Fisabilillah Batusangkar.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Kabupaten Tanah Datar, Afrizon mengatakan pihaknya juga telah melakukan beberapa kali seleksi terhadap seluruh hafizh di daerah tersebut untuk mendapatkan reward umrah.

"Di akhir seleksi terdapat reward berupa paket umrah plus Turki bagi 6 orang hafizh terpilih, reward tersebut berasal dari beberapa orang dermawan di Tanah Datar," katanya. (*)