Ada pameran ikan langka di UBH

id pameran ikan

Ada pameran ikan langka di UBH

Salah seorang peserta kontes ikan cupang di pelataran gedung Universitas Bung Hatta Padang. Bersamaan juga digelar pameran ikan langka. (ANTARA SUMBAR/Igoy el Fitra)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat menggelar pameran ikan langka di Universitas Bung Hatta, Padang untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai satwa air itu.

"Beragam jenis ikan dipamerkan oleh peserta yang sebagian besar berasal dari komunitas ikan di Sumbar dari 7-9 September," kata Kepala Dinas DKP Sumbar Yosmeri di Padang, Sabtu.

Ikan itu diantaranya jenis Toman, Black Jack, Balashark, Wader Goa dan beberapa jenis lain yang jarang terlihat maupun diketahui masyarakat umum.

Pameran yang digelar dipelataran gedung itu memancing minat masyarakat untuk datang. Sebagian membawa serta anaknya untuk menambah wawasan.

Ketua Komunitas Ikan Predator Minang (Kipmi) Rifki Prabowo mengatakan pameran itu menjadi ajang bagi peserta untuk memperkenalkan jenis-jenis ikan langka yang ada dan bisa dipelihara sebagai ikan hias di Sumbar.

"Pada acara ini kami pamerkan 13 jenis ikan langka koleksi Kipmi," ujarnya.

Melalui kegiatan itu Kipmi juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian ikan langka, terutama yang dilindungi.

Selain komunitas pecinta ikan, kegiatan itu juga diikuti komunitas pecinta reptil yang tidak mau ketinggalan memamerkan koleksinya.

Masyarakat juga bisa menikmati kontes ikan cupang internasional yang diikuti sembilan negara diantaranya Singapura, Malaysia, California, Thailand, Taipei, Hongkong dan sejumlah provinsi di Indonesia.

Kontes itu dikenal dengan nama International Betta Show yang diikuti 749 peserta dengan 13 jenis ikan.