Unit pengumpulan zakat Semen Padang raih penghargaan terbaik Baznas

id zakat, baznas, semen padang

Unit pengumpulan zakat Semen Padang raih penghargaan terbaik Baznas

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri menerima penghargaan Baznas Award 2018 dalam  kategori Unit Pengumpul Zakat Baznas Terbaik (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar*) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang kembali meraih penghargaan Baznas Award 2018 dalam kategori Unit Pengumpul Zakat Baznas Terbaik setelah meraih penghargaan serupa pada 2017.

"Penghargaan yang diraih secara berturut-turut ini tak lepas dari sejumlah program unggulan di UPZ Baznas Semen Padang, diantaranya, sidang isbat nikah untuk umat Islam yang kurang mampu di Kepulauan Mentawai yang menjadi perhatian Baznas Pusat," kata Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri saat dihubungi dari Padang, Sabtu.

Penghargaan dari Baznas Pusat diserahkan oleh Plt Sekjend Kemenag,Prof Muhammadiyah Amin yang juga menjabat sebagai Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam pada malam Penganugerahan Baznas Award 2018 yang digelar di Aula HM Rasjidi Kemenag, Jumat malam (7/9) .

Yosviandri mengaku bersyukur atas anugerah dari Baznas Pusat tersebut, karena sejak lembaga pengumpul zakat karyawan berganti nama dari Lembaga Amal Zakat menjadi UPZ Baznas Semen Padang pada Desember 2016 , hingga kini sudah dua kali UPZ menerima penghargaan dari Baznas Award.

Oleh sebab itu, Yosviandri megucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan Semen Padang yang sudah dipotong zakat harta melalui UPZ, termasuk kepada perusahaan yang telah memfasilitasi UPZ Baznas Semen Padang dalam mengumpulkan zakat para karyawan.

"Terima kasih untuk karyawan dan perusahaan. Berkat dukungan karyawan dan perusahaan yang telah memfasilitasi, alhamdulillah UPZ Baznas Semen Padang kembali meraih penghargaan dari Baznas Pusat," kata dia.

Ia menyampaikan program unggulan lainnya, yaitu mendukung kegiatan dakwah di daerah terisolir dan memberikan bantuan untuk para mustahiq (penerima zakat) agar perekonomiannya membaik, sehingga bisa menjadi orang yang memberi zakat, dan bukan lagi sebagai penerima zakat.

Sementara Ketua Pengurus UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri menyebut ke depan pihaknya terus berbenah dengan melakukan evaluasi terhadap setiap program supaya zakat karyawan yang disalurkan tepat sasaran.

"Kami tak puas sampai di sini, setiap program terus dievaluasi, supaya penghargaan ini bisa dipertahankan. Karena penghargaan dari Baznas Pusat tersebut, merupakan tolok ukur bagi kinerja dalam menjalankan program, termasuk menyalurkan zakat kepada para mustahiq," ujar dia yang juga menjabat sebagai yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan di PT Semen Padang.

Sejalan dengan itu Ketua Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif mengaku bangga bisa kembali mendapatkan penghargaan Baznas Award kategori Unit Pengumpul Zakat Terbaik.

"Mudah-mudahan, penghargaan dari Baznas Pusat ini juga menjadi motivasi bagi muzakki (orang yang berzakat) untuk meningkatkan zakatnya, khususnya bagi karyawan Semen Padang. Kemudian, penghargaan ini diharapkan juga, dapat meningkatkan kepercayaan muzakki terhadap UPZ Baznas Semen Padang," ujarnya.

***4***