Asian Para Games mulai digaungkan Presiden Jokowi

id Presiden Jokowi

Asian Para Games mulai digaungkan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Presiden Jokowi menggaungkan dengan mengenakan kemeja dengan logo dan tulisan Indonesia 2018 Asian Para Games,
Jakarta, (Antarasumbar) - Pelaksanaan Asian Para Games yang akan digelar di Jakarta 6 hingga 13 Oktober 2018 mulai digaungkan Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi menggaungkan dengan mengenakan kemeja dengan logo dan tulisan Indonesia 2018 Asian Para Games.

Presiden Jokowi mengenakan kemeja itu saat bersilaturahim ke kediaman Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan, Jumat petang.

Ketika ditanya mengenai kemeja berlogo dan tulisan Asian Para Games 2018, Kepala Negara belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) menyatakan siap melaksanakan kegiatan tersebut di Jakarta dan sekitarnya pada 6-13 Oktober 2018

Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari usai rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Jumat, menyebutkan "Indonesian Asian Para Games Organising Committee" melaporkan kesiapan tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Kami melaporkan kepada Bapak Presiden melalui ratas, Insya Allah sudah siap untuk melaksanakan kegiatan Asian Para Games yang pertama di Indonesia," kata Oktohari.

Ia menyebutkan penyelenggaraan di Indonesia merupakan yang ketiga kalinya di dunia. Kegiatan itu merupakan "multievent disabilitas" terbesar kedua setelah Para Olimpiade.

Oktohari menyebutkan Presiden Jokowi mengimbau semua kementerian dan lembaga agar memperlakukan Asian Para Games sama dengan Asian Games.

"Pada 5 September kita melakukan rangkaian kegiatan yang pertama yaitu 'torch relay' atau kirab obor dan Sabtu kami akan berangkat bersama Pak Menpora ke Ternate untuk melaksanakan kirab obor yang berikutnya di Ternate bertepatan dengan Haornas," katanya.

Menurut Oktohari, masyarakat Indonesia Khususnya Inapgoc siap menerima kedatangan para tamu peserta Asian Para Games 2018.

"Ada kurang lebih 5.000 atlet dan 'official' dan 1.100 di antaranya menggunakan kursi roda, 8.000 relawan, 5.000 pekerja lapangan, dan 800 awak media dari nasional maupun internasional," katanya.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi menyebutkan Asian Para Games dilaksanakan di Gelora Bung Karno, JIExpo Kemayoran dan Sirkuit Sentul.

"Kita berharap peringkat kita naik dari 9 menjadi 7 besar dengan perolehan 16-19 medali dari 18 cabang olah raga, " katanya.

Ia menyebutkan bonus bagi peraih medali pada Asian Para Games 2018 akan setara dengan Asian Games 2018.(*)