Padang Panjang siapkan pelatihan bakohumas perluas informasi daerah

id Dsikominfo Padang Panjang,Bakohumas

Padang Panjang siapkan pelatihan bakohumas perluas informasi daerah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang, Marwilis. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyiapkan pelatihan badan koordinasi kehumasan (bakohumas) untuk memperluas sebaran informasi pembangunan daerah.

"Sasaran pelatihan ini setiap organisasi perangkat daerah (OPD) bisa ikut menginformasikan kegiatan membangun daerah yang dilaksanakan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang, Marwilis di Padang Panjang, Jumat.

Ia menerangkan Diskominfo memiliki tugas menginformasikan semua kegiatan berkaitan dengan pembangunan yang berlangsung di daerah itu.

Pihaknya sudah merekrut dua tenaga untuk membantu menyebarluaskan informasi tersebut namun dirasa belum maksimal jika hanya dilakukan oleh Diskominfo.

"Karena itu setiap perangkap daerah perlu mendukung menyebarluaskan informasi agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui sehingga dapat menikmati manfaatnya," katanya.

Pelatihan bakomunas, ujarnya, paling tidak diikuti oleh satu orang pegawai di setiap perangkat daerah untuk dibekali kemampuan menuliskan informasi kegiatan, tujuan dan sasarannya secara umum.

Selanjutnya informasi itu diolah dan disebarkan secara satu pintu melalui Diskominfo.

"Kegiatannya direncanakan bisa terselenggara di 2018 ini, kami ajukan lewat APBD Perubahan. Jika tidak teralisasi selambatnya dilaksanakan pada 2019," katanya.

Sebelunya dalam penyebarluasan informasi pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah media massa yang ada di daerah itu dan memanfaatkan videotron yang dipasang di titik-titik strategis.

Di samping itu layanan pesan instan seperti Telegram juga dimanfaatkan untuk mempercepat penyampaian informasi antara warga dengan pemangku kepentingan. (*)