Pariaman libatkan konsultan wujudkan Kota Pintar

id Kota Pintar,Kota Pariaman

Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, terus memaksimalkan upaya dalam mewujudkan kota pintar atau smart city di daerah itu, salah satunya dengan melibatkan konsultan ahli di bidang tersebut.

"Kami melibatkan PT Gamatechno Yogjakarta sebagai konsultan yang memang ahli dalam pengembangan kota pintar," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan upaya pengembangan Kota Pariaman sebagai kota pintar dilakukan guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Hal itu, kata dia, sejalan dengan pengembangan program pemerintahan elektronik atau e-government di lingkungan Pemerintah Pariaman.

"Kami berkomitmen untuk lebih mengembangkan program e-government sebagai bagian dari perwujudan kota pintar di Pariaman," ujar dia.

Selain menggandeng konsultan, Pemerintah setempat juga berupaya menambah tenaga programmer di lingkungan pemerintahan kota yang saat ini hanya berjumlah dua orang.

Ia berharap keberadaan tenaga programmer itu dapat mendukung upaya pemerintah setempat dalam mewujudkan program kota pintar ke depannya.

Apalagi, ujar dia, hal tersebut dapat lebih menguntungkan berbagai pihak termasuk masyarakat dari segi peningkatan kualitas pelayanan di era digitalisasi seperti saat ini.

"Kalau fasilitas dan prasarana penunjang digitalisasi sudah memadai, tentu berdampak baik pula pada pelayanan terhadap masyarakat," ujar dia.

Termasuk pula, katanya, adanya rencana untuk mengembangkan program pelayanan tiket angkutan kereta api berbasis digitaliasi.

Bahkan, ia mengatakan hal tersebut juga akan menunjang sektor lain seperti promosi wisata Kota Pariaman serta pemasaran produk-produk unggulan daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Pariaman, Nazifah mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualias pelayanan kepada masyarakat serta memberikan informasi yang dibutuhkan secara maksimal.

"Yang terpenting, kami terus memperhatikan prinsip percepatan dan efektifitas waktu pelayanan sehingga kualitas pelayanan masyarakat terus meningkat," ujar dia.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah setempat berupaya untuk mempelajari sistem terbaik untuk mewujudkan kota pintar, termasuk dengan merujuk pada daerah-daerah lain seperti Banyuwangi yang telah lebih dahulu menerapkannya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar