Padang Panjang sosialisasi wawasan kebangsaan bagi organisasi masyarakat

id Terorisme,sosialisasi anti terorisme

Padang Panjang sosialisasi wawasan kebangsaan bagi organisasi masyarakat

peserta Sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan BPBD Kesbangpol Padang Panjang (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyosialisasikan pendidikan wawasan kebangsaan bagi pengurus organisasi masyarakat, partai politik dan karang taruna daerah setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Padang Panjang, Erizal di Padang Panjang, Selasa, mengatakan lewat sosialisasi itu masyarakat diajak menerapkan pemahaman wawasan kebangsaan untuk menciptakan kehidupan rukun dan harmonis.

Wawasan kebangsaan merupakan sudut pandang seseorang memandang diri sebagai bagian suatu bangsa dan bertingkah laku sesuai falsafah hidup bangsa.

Ia menilai saat ini kehidupan masyarakat mengalami pergeseran atau perubahan signifikan seperti seseorang yang individualis, materialis, tidak sabaran dan menginginkan hal yang serba instan.

"Karena kondisi itu, secara berkala perlu diberikan pendidikan mengenai wawasan kebangsaan agar budaya bangsa tetap lekat dan untuk menguatkan rasa nasionalisme," katanya.

Penguatan wawasan kebangsaan, ujarnya juga dapat mengeratkan kembali sikap toleransi dan kebersamaan antarwarga.

Kepala Bidang Kesbangpol, BPBD dan Kesbangpol setempat, Harry Riska Perdana menambahkan penerapan wawasan kebangsaan dapat menyadarkan warga negara mengenai arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban.

Sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan itu diikuti oleh 50 peserta dengan materi mengenai pengawasan aliran kepercayaan masyarakat, bahaya radikalisme dan terorisme serta Pancasila dan kebangsaan. (*)