Legislator : sampaikan pendapat dengan beradab

id mpr, empat pilar

Legislator : sampaikan pendapat dengan beradab

Anggota MPR RI Hermanto saat sosialisasi empat pilar di Padang (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Anggota MPR RI Hermanto menyebutkan demokrasi merupakan sistem menyuarakan pendapat dan aspirasi dalam kebijakan publik dengan upaya melibatkan masyarakat seluas mungkin untuk meraih dukungan baik dalam pemilihan presiden, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan kepala daerah.

"Dalam kontestasi demokrasi kerapkali terjadi gesekan bahkan konflik," ucap Hermanto dihadapan sekitar 300 peserta kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Padang, Senin .

Untuk menghindari konflik, lanjutnya, diperlukan sikap negarawan yaitu sikap rasional dan arif dalam memandang dan mendudukan masalah.

Sikap ini dapat diwujudkan bila setiap anak bangsa menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam perilaku. "Dalam Pancasila terdapat nilai keadaban yang menjadi pedoman dasar perilaku berdemokrasi," katanya.

Menurutnya, adab berdemokrasi menjadi ciri dan karakter yang memberi bingkai bagi anak bangsa dalam bertindak dan berperilaku untuk mengungkap pandangan, sikap dan pilihan demokrasi.

"Kearifan berdemokrasi membuat bangsa jadi dewasa dalam perbedaan tetapi tetap menjaga keutuhan serta kokoh dalam berbangsa dan bernegara untuk menjaga NKRI lebih luwes dan langgeng", papar Anggota MPR RI dari FPKS ini.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambut baik disosialisasikannya empat Pilar kebangsaan di Kota Padang.

"Semoga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara terutama menjaga keutuhan NKRI,” kata dia.

Ia mengatakan dengan disosialisasikannya empat pilar ini bagi para peserta yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah di Kota Padang, maka akan menjelaskan dan menegaskan akan pentingnya

Mahyeldi menyampaikan apabila semua warga negara Indonesia memahami empay Pilar tentunya akan menjaga keutuhan negara. Di samping itu juga diharapkan dapat saling memberikan pemahaman tentang empat Pilar kepada siapa saja, seperti dalam hal ini oleh setiap guru terhadap peserta didiknya.