Ciptakan kota layak anak, Pemkot Payakumbuh luncurkan kartu identitas anak

id KIA,Kota Layak Anak,Payakumbuh

Pemkot Payakumbuh luncurkan KIA sekaligus memperingati hari anak nasional. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat luncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) berusia kurang dari 17 tahun yang merupakan bagian dari upaya menciptakan kota layak anak.

"Payakumbuh mulai menerbitkan KIA pada 2018 ini," kata Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Amriul di Payakumbuh, Rabu.

KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh.

Persyaratan untuk membuat KIA untuk umur lima hingga 17 tahun adalah harus memiliki akta kelahiran, menyerahkan KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan foto ukuran 2×3.

Sementara proses pengurusan dan penerbitan KIA untuk anak usia nol hingga lima tahun sekaligus akan diterbitkan pula akta kelahiran anak dan juga kartu keluarga (KK) orang tua.

Hal itu disebabkan penerbitan KIA dilakukan setelah penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai dasar penerbitan akta kelahiran dan KK.

Ia menyebutkan terdapat sekitar 47.000 jiwa yang berhak mendapatkan KIA di Kota Payakumbuh berdasarkan pendataan yang sudah dilakukan.

Penerbitan KIA, kata dia agar pemerintah bisa menjamin terpenuhinya hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa yang bermartabat.

Pada 2019 juga dicanangkan program kelurahan layak anak, oleh sebab itu pihaknya sekolah dan masyarakat untuk dapat memberi ruang untuk segala bentuk perlindungan terhadap anak.

Peluncuran KIA juga sekaligus untuk Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dengan tema Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat (Genius).

Sementara, Ketua Himpunan Paud Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi mengaku bersyukur dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh anak-anak Di Kota Payakumbuh.

Menurut hal tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan pemerintah yang telah berhasil mewujudkan Payakumbuh sebagai Kota Layak Anak.

Banyak prestasi yang ditorehkan anak-anak di Payakumbuh yang perlu terus diapresiasi, seperti olimpide internasional mewakili Indonesia dan ada yang ikut parlemen anak se dunia di Taiwan.

Ia menambahkan peluncuran KIA juga ditujukan untuk meningkatkan persatuan dan peran aktif masyarakat serta jajaran pemerintahan dalam mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak serta memberi ruang untuk anak termasuk yang berkebutuhan khusus dalam setiap kebijakan pemerintah. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar