Kloter I haji debarkasi Padang tiba dengan selamat di BIM

id haji

Kloter I haji debarkasi Padang tiba dengan selamat di BIM

Jamaah haji kloter I Debarkasi Padang sujud syukur usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Selasa (28/8) (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 393 haji yang tergabung dalam kloter I Debarkasi Padang telah tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman pada Selasa dini hari pukul 01.40 WIB.

Setiba di bandara para jamaah haji kemudian dibawa ke Asrama Haji Tabing Padang untuk mengikuti proses pelepasan secara resmi kepada panitia daerah.

Kedatangan kloter satu mengalami keterlambatan 1 jam 45 menit dari jadwal awal pendaratan pukul 00.05 WIB

Kloter I langsung diserahkan kepada Wali Kota Padang Mahyeldi.

Sementara satu haji atas nama Sabarudin usia 83 tahun mendapat penanganan medis karena penyakit stroke yang sudah pernah diderita.

Kepala Bidang Kesehatan Debarkasi Haji Padang dr Jalil Alfani menyampaikan tiba di Asrama Haji Tabing Padang jamaah harus melewati pendeteksi suhu (thermal scaner) untuk mencek suhu tubuh dan antisipasi kemungkinan tertular penyakit dari Tanah Suci.

Karena Arab Saudi merupakan daerah endemis beberapa penyakit, untuk mengantisipasi semua jamaah yang tiba harus melewati alat pendeteksi suhu untuk memastikan suhu tubuhnya normal, kata dia.

Menurutnya jika ada jamaah yang suhu tubuhnya terdeteksi diatas 38 derajat celcius akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh tim medis di poliklinik Asrama Haji Tabing.

Hal itu dilakukan untuk memastikan jamaah tidak menderita penyakit tertentu dan jika ditemukan ada gejala dapat diambil tindakan yang lebih awal untuk mencegah dampaknya dengan memberikan pengobatan, kata dia.

Kepala Kementerian Agama Sumbar Hendri menyebutkan total calon jamaah haji yang pulang melalui debarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar