Agam gelar liga nagari cari bibit sepak bola

id wakil bupati agam

Agam gelar liga nagari cari bibit sepak bola

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria didampingi Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur menyerahkan satu pasang sepatu bola kepada pemain Timnas U-16, Andre Oktaviansyah, Selasa (14/8). (Antara Sumbar/Yusrizal) (Antara Sumbar/Yusrizal/)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, bakal menggelar liga nagari atau desa adat untuk mencari bibit sepak bola handal yang bisa mengharumkan daerah itu nantinya.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria di Lubukbasung, Minggu, mengatakan, liga nagari itu bakal di luncurkan pada November 2018.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan liga nagari tersebut yang akan digelar setiap nagari di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan, liga nagari itu bertujuan untuk mencari bibit sepak bola yang mempunyai kemampuan yang cukup bagus.

Setelah itu mereka dipilih untuk membela daerah itu pada event tingkat provinsi.

"Ini untuk mencari potensi yang ada di 82 nagari di daerah itu, sehingga mereka bisa mengharumkan Agam tingkat provinsi dan nasional," katanya.

Selain mencari bibit sepak bola, tambahnya, liga nagari itu untuk menghidupkan lapangan sepak bola di setiap jorong, dan nagari.

Dengan cara itu, aktivitas generasi muda dihabiskan di lapangan sehingga mereka terhindar dari peredaran narkotika, minuman keras dan lainnya.

"Ini target kita untuk membangkitkan sepak bola di daerah itu dan mengisi aktivitas generasi muda agar tidak terjerumus penyalahgunaan narkotika, minuman keras dan lainnya," tegasnya.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur mendukung pemerintah untuk mengadakan liga nagari dalam mencari bibit sepak bola di setiap nagari.

Setelah bibit atlet didapat, pihaknya berharap pemerintah setempat melakukan pembinaan atlet tersebut di satu tempat agar kemampuan mereka lebih meningkatkan.

"Lakukan pembinaan di pusat pemerintahan dan pendidikan mereka dilanjutkan di sekolah yang ada di Lubukbasung," katanya. (*)