Legislator sarankan masyarakat laksanakan imunisasi campak-rubella

id imunisasi

Legislator sarankan masyarakat laksanakan imunisasi campak-rubella

Anggota DPR RI daerah asal Sumatera Barat John Kenedy Azis. ((Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar))

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat John Kenedy Azis menyarankan masyarakat untuk menggunakan vaksin campak dan Measles Rubella (MR) sebagai antisipasi bahaya penyakit yang mungkin ditimbulkan.

"Secara pribadi saya telah berbicara langsung dengan Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia dr Aman Bhakti Pulungan, beliau menyarankan agar anak-anak di Tanah Air melakukan vaksin MR," kata dia saat melakukan kunjungan kerja di Pariaman, Minggu.

Hal tersebut katanya, dibutuhkan anak-anak untuk mencegah terjadinya kasus campak rubella di berbagai daerah.

Terkait fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan bahwa vaksin tersebut haram namun boleh digunakan karena dalam keadaan darurat, pihaknya meminta pemangku kepentingan memberikan kejelasan pasti kepada masyarakat.

Hal itu penting karena mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pemeluk Agama Islam sehingga membutuhkan kepastian karena menyangkut akidah, ujarnya.

Terkait adanya masyarakat yang menolak untuk melakukan vaksin terhadap anak, pihaknya menghargai hal tersebut dan dinilai masih dalam tahap wajar.

Di samping itu, pihaknya juga memberikan pertimbangan bahwa dalam ajaran Islam, sesuatu yang haram bisa menjadi halal apabila ada sesuatu hal yang membuatnya terpaksa dilakukan dan dengan alasan keselamatan.

Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar meminta pemerintah tidak memaksanakan pemberian imunisasi campak dan rubella pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di daerah itu.

Ia menyarankan anak yang diimunisasi adalah yang diizinkan oleh orang tuanya.*