Uji coba dengan "Kabau Sirah", Timnas U-19 tingkatkan level tim jelang Piala AFC

id Timnas U-19,Laga Uji Coba U-19,Semen Padang FC

Uji coba dengan "Kabau Sirah", Timnas U-19 tingkatkan level tim jelang Piala AFC

Asisten pelatih Semen Padang Weliansyah (kiri) dan asisten pelatih Timnas U-19 Miftahudin Mukson (kanan) saat memberikan keterangan pers sebelum laga Semen Padang menghadapi Timnas U-19 di Stadion Haji Agus Salim Kota Padang, Sabtu (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Kami butuh lawan tanding yang kuat dan mampu menekan kami sehingga anak-anak terbiasa menghadapi tekananan dalam permainan. Kami berharap Semen Padang mengeluarkan kemampuan terbaik mereka sehingga uji coba ini memberikan manfaat bagi kedua tim
Padang, (Antaranews Sumbar) - Timnas Indonesia U-19 berupaya meningkatkan level tim jelang Piala AFC U-19 pada Oktober 2018, salah satu caranya adalah melakukan uji coba dengan kesebelasan Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim Kota Padang, Sumatera Barat,Sabtu (25/8).

Asisten pelatih Timnas U-19 Miftahudin Mukson saat jumpa pers di Padang, Jumat mengatakan kedatangan timnya ke Kota Padang bukan untuk menghibur masyarakat namum terus menggenjot mental dan permainan anak-anak asuhan Indra Sjafri.

"Kami butuh lawan tanding yang kuat dan mampu menekan kami sehingga anak-anak terbiasa menghadapi tekananan dalam permainan. Kami berharap Semen Padang mengeluarkan kemampuan terbaik mereka sehingga uji coba ini memberikan manfaat bagi kedua tim," kata dia.

Ia mengatakan dalam laga ini ada beberapa pemain yang akan diseleksi oleh jajaran pelatih mencari pemain yang akan dibawa berlaga di Piala AFC pada Oktober 2018. Setelah sempat vakum selama enam bulan, Timnas U-19 kembali menggelar pemusatan latihan untuk melakukan persiapan hadapi Piala Asia.

"Kita berupaya meningkatkan level tim yang sebelumnya level Asia Tenggara kini berubah menjadi level Asia. Semen Padang menjadi lawan uji coba pertama kami dan selanjutnya kami akan terus melakukan uji coba baik dengan tim Liga 1 maupun dari luar negeri," kata dia.

Menurut dia seluruh pemain yang ada di tim saat ini adalah alumni Timnas U-19 Piala AFF lalu, ditambah pemain yang dipantau oleh jajaran pelatih dan dipanggil untuk ikut seleksi.

"Kami terus lakukan evaluasi, ada pemain yang kita kembalikan ke klubnya untuk dipantau dan ada yang masih bergabung dengan tim. Kerangka tim sebenaranya sudah mulai terlihat namun kita terus tingkatkan kemampuan anak-anak," kata dia.

Sementara asisten pelatih Semen Padang Weliansyah akan menurunkan tim terbaik mereka ketika menghadapi Timnas U-19 untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Laga ini penting bagi kami dalam menjaga kondisi pemain yang masih menghadapi libur kompetisi Liga 2. Kita akan berikan kemampuan terbaik tim ini," kata dia.

Di Piala AFC U-19 itu, anak asuh Indra Sjafrie tergabung di grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar dan Chinese Taipei. (*)