Pasaman Barat membangun balai latihan kerja, ini targetnya

id BLK,Syahiran

Pasaman Barat membangun balai latihan kerja, ini targetnya

Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Wakil Bupati, Yulianto saat peletakan batu pertama pembangunan Balai Latihan Kerja, Jumat (24/8.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Sumatera Barat (Sumbar) membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah itu dalam rangka melatih keterampilan pencari tenaga kerja yang ada.

"BLK ini penting dibangun untuk melatih keterampilan masyarakat sebagai modal untuk mencari kerja," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Wakil Bupati, Yulianto saat peletakan batu pertama pembangunan BLK di Jorong Giri Maju Nagari Koto Baru Kecamatan Luhan nan Duo, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan BLK itu sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja di Pasaman Barat.

Diharapkan nanti akan melahirkan tenaga kerja yang siap pakai dengan keterampilan yang cukup berdampak pada pengurangan angka pengangguran di Pasaman Barat.

"Dengan adanya BLK kita harapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Pasaman Barat dengan melahirkan tenaga kerja yang handal," ujarnya.

Menurutnya keberadaan BLK juga diharapkan akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar BLK yang telah dibangun.

Harga jual tanah juga akan semakin tinggi di lokasi tersebut mengingat lokasi tersebut kedepannya akan diramaikan oleh peserta pelatihan.

"Saya minta wali nagari dan masyarakat mengamankan lokasi pembangunan ini. Mari kita jaga bersama untuk kesejahteraan bersama," ucapnya.

Ia meminta kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, untuk memberikan perhatian kepada BLK Pasaman Barat nantinuya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumbar, Syafrizal menyampaikan bahwa pembangunan BLK yang dilakukan oleh Pemkab Pasaman Barat merupakan kemajuan yang luar biasa.

Kehadiran BLK Pasaman Barat dikatakan akan menjadi BLK ke-9 dari BLK lainnya yang tersebar di beberapa Kabupaten Kota di Sumbar.

"Ini kemajuan yang luar biasa. Hal ini bisa terwujud oleh kerja keras bupati dalam memperjuangkan pembangunan BLK saat Rapat Koordinasi dengan gubernur beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menegaskan Pemrov Sumbar bukan hanya memberikan dukungan kepada Pemkab Pasaman Barat, akan tetapi pihaknua akan bergandeng tangan dengan Pasaman Barat untuk mewujudkan hal tersebut.

"Mudah-mudahan kehadiran BLK ini nantinya akan meningkatkan skil pencari kerja yang ada. Selain itu juga mampu meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang ada," harapnya. (*)