Bumnag Pesisir Selatan sukses rintis usaha pakan ikan dengan produksi 1,5 ton per bulan

id pakan ikan

Seorang pekerja memperlihatkan cara pembuatan pakan ikan. (Antara Sumbar/Didi SP)

Jika mesin-mesin kami lengkap kami optimistis mampu memproduksi pakan ikan lebih banyak, sehingga tidak hanya akan memenuhi pakan ikan di tambak para anggota, namun juga bisa dijual ke pasaran
Painan, (Antaranews Sumbar) - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Wira Muda, Nagari Kambang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berhasil merintis usaha pembuatan pakan ikan dengan produksi mencapai 1,5 ton per bulan.

"Hasil produksi pakan ini setidaknya telah mampu memenuhi kebutuhan tambak-tambak ikan milik anggota BUMNag," kata Direktur BUMNag Wira Muda, Julda Eka Putra di Painan, Jumat.

Ia menambahkan pihaknya belum mampu memproduksi pakan dalam jumlah besar disebabkan mesin yang dimiliki baru mampu memproduksi skala kecil.

Selanjutnya belum ada mesin pengaduk bahan, pembuat tepung dan lainnya, sehingga seluruh kegiatan itu dilaksanakan secara manual.

"Jika mesin-mesin kami lengkap kami optimistis mampu memproduksi pakan ikan lebih banyak, sehingga tidak hanya akan memenuhi pakan ikan di tambak para anggota, namun juga bisa dijual ke pasaran," katanya.

Untuk usaha yang lebih besar setidaknya dibutuhkan dana Rp250 juta untuk membeli mesin pencetak pakan ikan, mesin pembuat tepung basah, mesin pembuat tepung kering, mesin pengaduk bahan, dan juga mesin pengering pakan ikan.

Ia menyebutkan pakan ikan yang diproduksi memang tidak sebaik pakan pabrikan, namun dari sisi harga konsumen tidak akan rugi membelinya.

"Setiap kilogram pakan ikan mengandung 28 sampai 32 persen protein, dan pabrikan 30 sampai 32 persen. Namun kami menjual lebih murah hanya Rp9 ribu per kilogram, sementara pakan pabrikan mencapai Rp12 ribu per kilogram," kata dia.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan proposal pengembangan usaha pembuatan pakan ikan yang ditujukan ke kementerian terkait dengan harapan adanya kucuran dana segar.

Selain pembuatan pakan ikan, BUMNag Wira Muda juga mengembang usaha fotografi, advertising, dan sejak 2017 mendapat sokongan modal dari pemerintah nagari sebanyak Rp160 juta. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar