Indonesia terapkan taktik lawan Hong Kong hadapi UEA pada Jumat

id Bima Sakti

Indonesia terapkan taktik lawan Hong Kong hadapi UEA pada Jumat

Asisten pelatih timnas U-23, Bima Sakti. (cc)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Timnas U-23 Indonesia kemungkinan akan menerapkan taktik dan strategi menghadapi timnas Hong Kong pada babak 16 besar Asian Games 2018 melawan Uni Emirat Arab ( UEA) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, pada Jumat (24/8) mendatang.

Asisten pelatih timnas U-23, Bima Sakti kepada awak media mengatakan bahwa karakter pemain UEA hampir sama dengan Hong Kong yakni dengan postur tinggi dan cenderung mengandalkan umpan-umpan panjang.

"Mungkin strategi yang sama akan kami terapkan, yakni umpan pendek dan permainan cepat, karena kami tahu pemain UEA berpostur tinggi layaknya pemain asal Timur Tengah," kata Bima Sakti usai menjalani progam latihan di lapangan ABC, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Rabu pagi (22/8).

Pada sesi latihan itu, Bima mengatakan pelatih Luis Milla hanya menerapkan latihan ringan dengan sasaran untuk pemulihan kondisi fisik pemain.

"Hanya latihan recovery training saja, tadi latihan dibagi menjadi dua bagian, yakni di kelompok pertama untuk pemain yang tampil 80 menit keatas saat laga melawan Hong Kong menjalani latihan ringan, sedangkan pemain lainnya menjalani latihan taktik dengan game kecil," papar Bima Sakti.

Menanggapi taktik provokasi ala Timur Tengah, dikatakan Bima Sakti bahwa pelatih Luis Milla memberikan arahan kepada skuad garuda untuk mengontrol emosi saat pertandingan.

"Pelatih Milla punya pengalaman melatih di UEA, dia tahu betul karakter pemain negara tersebut, makanya ada instruksi khusus dari pelatih untuk tetap menjaga spirit dan kontrol emosi saat pertandingan," jelas Bima Sakti.

Kemungkinan adanya rotasi di skuad garuda, menurut Bima Sakti untuk sementara masih belum diputuskan, mengingat timnas masih menjalani satu kali lagi sesi latihan sebelum berlaga melawan UEA.

"Kita tunggu pada sesi latihan terakhir, karena masih ada satu kali lagi sesi latihan yang akan dilaksanakan oleh timnas," tegas mantan gelandang timnas Indonesia itu. (*)