Pertamina tambah pasokan gas sambut perayaan Idul Adha

id Pertamina

Pertamina tambah pasokan gas sambut perayaan Idul Adha

Gas LPG 3 Kg (Antara Sumbar)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menambah pasokan gas LPG subsidi maupun non subsidi di wilayah Sumatera bagian utara dalam menyambut Idul Adha 1439 Hijirah.

Unit Communication and CSR Pertamina MOR I Rudi Ariffianto melalui siaran persnya di Padang, Selasa mengatakan menghadapi Idul Adha ini pihaknya menambah pasokan gas LPG sebanyak 90.580 tabung per harinya.

"Penambahan pasokan ini telah dilakukan sejak tanggal 20 Agustus hingga 25 Agustus 2015 nanti," ujar dia.

Menurut dia langkah tersebut diambil sebagai bentuk antisipasi adanya peningkatan konsumsi gas pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah.

"Berdasarkan perhitungan kami, jumlah tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah Sumatera bagian utara," kata dia.

Ia mengatakan penyaluran gas LPG normalnya disalurkan sebanyak 753.371 tabung per hari untuk wilayah yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

"Jumlah tersebut disalurkan melalui 479 agen dan 20.661 pangkalan dan dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) pemerintah setempat," kata dia.

Ia mengatakan Pertamina menyalurkan gas bersubsidi 3 Kg sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh pemerintah. Ia mengimbau bahwa peruntukkan gas bersubsidi 3 KG khusus bagi rakyat miskin yang berpenghasilan kurang dari Rp1,5 juta per bulannya.

Bagi masyarakat yang berpenghasilan di atas itu hendaknya dapat membeli gas non subsidi seperti Bright Gas 5,5 Kg, 12 Kg dan Elpiji 12Kg atau 50 Kg.

"Untuk LPG non subsidi dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat diperoleh di disributor resmi Pertamina," kata dia.