Pemkot Pariaman turunkan tim periksa kelayakan hewan kurban

id pemeriksaan hewan kurban

Pemkot Pariaman turunkan tim periksa kelayakan hewan kurban

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman memeriksa hewan yang akan dijadikan kurban. (Foto Humas Pariaman)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan hewan tersebut layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

"Kami menurunkan tim gabungan dari dinas terkait dan Puskeswan sebanyak 12 orang serta dibantu penyuluh lapangan di tiap kecamatan, desa dan kelurahan se Kota Pariaman," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman, Zuswati Safitri di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan pemeriksaan dan pengawasan kelayakan hewan kurban tersebut diawali dengan sosialisasi terkait hewan kurban yang aman, sehat, utuh serta halal sesuai syariat Islam untuk dikonsumsi masyarakat.

Ia menegaskan melalui pemeriksaan kelayakan hewan kurban tersebut terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi di antaranya sudah berumur dua tahun atau lebih.

Kemudian, hewan dalam keadaan sehat yang ditandai dengan pemberian sertifikat dan label khusus yang dipasang di telinga hewan kurban.

Secara umum, kegiatan pemeriksaan dilaksanakan sejak Senin (20/8) dan direncanakan berlangsung hingga Rabu (22/8) pagi sebelum pemotongan hewan kurban.

Untuk kegiatan pada Selasa, kata dia, pemerintah setempat melaksanakan pemeriksaan akhir tentang jumlah keseluruhan hewan yang akan disembelih.

"Pada Rabu, kami akan mengawasi pemotongan hewan kurban langsung ke lapangan yang biasanya berada di sekitar masjid dan mushala setempat," kata dia.

Ia mengimbau seluruh panitia kurban untuk memperhatikan poin-poin penting termasuk lingkungan tempat penyembelihan yang harus bersih dan steril.

Selanjutnya panitia disarankan menggunakan kantong plastik transparan sebagai tempat meletakkan daging, ujar dia. (*)