Negeri Sembilan-Pariaman segera jalin kerja sama bidang pendidikan dan pariwisata

id Negeri Sembilan,Pariaman

Negeri Sembilan-Pariaman segera jalin kerja sama bidang pendidikan dan pariwisata

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar (kanan) berbincang dengan perwakilan dari Dewan Undangan Negeri Sembilan Malaysia. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Negeri Sembilan Malaysia dan Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) segera menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata.

"Kedua belah pihak dalam proses menyiapkan nota kesepahaman agar kerja sama ini dapat segera terealisasi," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia menilai kerja sama itu akan mampu menjadi ajang promosi sektor pariwisata Kota Pariaman di negara tetangga tersebut sehingga angka kunjungan wisata dapat terus meningkat dan destinasi wisata daerah dapat dikenal.

Untuk bidang pendidikan, ujar dia, sebenarnya Negeri Sembilan dan Pariaman sudah pernah bekerja sama dalam pertukaran pelajar dan mahasiswa, baik itu dari Kota Pariaman ke Negeri Sembilan ataupun sebaliknya.

"Jika kerja sama bidang pendidikan ini terus ditingkatkan, tentu aplikasi ilmu pengetahuan hasil dari pertukaran pelajar dapat lebih memajukan pendidikan di daerah," kata dia.

Selain itu, ia berharap kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata dapat pula mendongkrak taraf perekonomian masyarakat setempat khususnya yang bergerak di bidang swasta dan perdagangan.

Sementara itu, Perwakilan dari Dewan Undangan Negeri Sembilan Malaysia, Rizal menyatakan pihaknya siap menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata dengan pemerintah Kota Pariaman.

"Kami memilih Pariaman untuk bekerja sama sebab banyak kesamaan dengan Negeri Sembilan, baik itu dari segi agama, sejumlah kebudayaan serta pola hidup masyarakat," kata dia.

Ia menilai banyaknya kesamaan antar daerah tentu akan mempermudah terjalinnya kerja sama termasuk bidang pendidikan dan pariwisata.

"Ini tentu juga akan sama-sama meningkatkan nilai ekonomi di Negeri Sembilan dan Pariaman," ujar dia. (*)