Peserta SMN diharapkan berbagi pengalaman setelah mengikuti BHUN

id SMN

Pimpinan PTBA diwakili ibu Juliana memberikan sertifikat pada malam puncak SMN dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Padang, Minggu malam. (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Para peserta Siswa Mengenal Nuasantara (SMN) asal Sulawesi Selatan, diharapkan bisa membagikan pengalaman yang didapatkan setelah sekitar satu minggu berada di Sumatera Barat (Sumbar).

"Diharapkan semua pengalaman yang didapatkan oleh peserta SMN bisa termanfaatkan, serta menambah rasa cinta terhadap negeri," kata Manager Percanaan dan Bina Wilayah Satuan Kerja CSR PT BA Juliana, saat penutupan di Padang, Minggu malam.

Ia mengatakan BUMN sengaja menyelenggarakan kegiatan SMN agar para siswa di suatu provinsi, bisa mengenal, dan berinteraksi langsung dengan tradisi maupun kebudayaan di daerah lain.

Ia mengatakan para peserta SMN sebelumnya telah dibekali materi penulisan jurnalistik, serta pembuatan video blog (Vlog).

"Dengan materi itu diharapkan para siswa bisa membuat tulisan pengalaman, serta video, agar pengalaman itu tidak hanya untuk diri sendiri," katanya.

Juliana juga berharap para siswa asal Sulsel, bisa menerapkan setiap pembelajaran baik yang didapat selama berada di Sumbar.

Sebelumnya, terdapat 27 siswa asal Sulsel yang mengikuti kegiatan SMN 2018 di Sumbar.

Puluhan siswa itu berada di Sumbar sejak 12-19 Agustus 2018.

Kegiatan SMN tidak hanya berpusat di Padang, namun juga pada beberapa kabupaten dan kota lain di Sumbar yaitu, Padang Panjang, Bukittinggi Kota Payakumbuh, dan lainnya.

Mereka diberikan pengalaman melihat dan mempelajari banyak hal dan pembelajaran yang ada di Sumbar.

Salah seorang peserta SMN Putu Sri Tranti (16), siswa dari SMAN 10 Luwu Timur, Sulsel, mengaku banyak pengalaman yang didapatkannya di Sumbar.

"Saya mendapatkan banyak pengalaman mulai dari tradisi, kebudayaan, kesenian, kuliner, wisata sejarah, serta pemandangan alam di Sumbar," katanya.

Utnuk selanjutnya ia berencana akan membagi pengalamannya temtang Sumbar, baik melalui media sosial ataupun penulisan sendiri.

Pelaksana dari kegiatan SMN 2018 di Sumbar adalah dua BUMN yaitu PT Bukit Asam, dan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR).
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar