Peserta SMN asal Sulsel unjuk kebolehan silat Minangkabau

id Silat

Peserta SMN asal Sulsel unjuk kebolehan silat Minangkabau

Ilustrasi-Dua pesilat sedang menampilkan atraksi silat pada Pagelaran Seni Silat Tradisi Anak Nagari di Nagari Batipuh Baruh, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar (antarasumbar)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Salah seorang iswa asal Sulawesi Selatan (Sulsel), yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 di Sumatera Barat (Sumbar), unjuk kebolehan dengan menampilkan silat tradisi Minangkabau.

Gerakan silat berdurasi sekitar lima menit itu ditampilkan dengan apik oleh Bintang Arya Pamungkas, pada malam penutupan SMN yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Padang, Minggu malam.

Siswa yang sekarang duduk di bangku kelas tiga SMAN 11 Pinrang, Sulsel itu, mempelajari kegiatan silat sendiri.

"Saya senang dengan silatnya dan belajar sendiri dari video youtube, agar bisa ditampilkan di malam penutupan," katanya.

Ia mengaku butuh dua hari baginya mempelajari gerakan silat tersebut.

Selain Silat, 27 siswa peserta SMN dari Sulsel juga menampilkan berbagai tarian tradisi dari tanah kelahirannya.

Di antaranya tarian dari suku Mandar, Toraja, Bugis, dan Makssar.

"Untuk tari sebelum berangkat ke Sumbar sudah mulai latihannya, sehingga di sini untuk pemaksimalannya saja," kata Arya.

Sebelumnya, sebanyak 27 siswa asal Sulsel sudah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan SMN yang diselenggarakan dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri, di Sumbar. Mulai dari 12-19 Agustus 2018.

Kegiatan mengenal nusantara itu tidak hanya berpusat di Padang, namun juga pada beberapa kabupaten dan kota lain di Sumbar yaitu, Padang Panjang, Bukittinggi, Kota Payakumbuh, dan lainnya.

Puluhan siswa itu berkesempatan mengenal tradisi, kebudayaan, kesenian, kuliner, wisata, dan sejarah di Sumbar.*