Para penyelam gelar aksi bersihkan laut di Kawasan Mandeh

id Penyelam Bersihkan Laut,Aksi Bersih Laut

Para penyelam gelar aksi bersihkan laut di Kawasan Mandeh

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/18.)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Para penyelam yang berasal dari beberapa komunitas melakulan aksi kepedulian yaitu membersihkan laut dari sampah di 73 titip pesisir pantai seluruh Indonesia, khusus untuk Sumatera Barat aksi bersih pantai dilaksanakan di Kawasan Mandeh, Minggu (19/8) .

Panitia Aksi bersih Pantai di Kawasan Mandeh Idrawadi Minggu (19/8) mengungkapkan penyelam Peduli Laut dalam rangka menyambut hut RI ke 73 tahun ini merupakan suatu bentuk aksi kepedulian para Diver untuk terlibat langsung dalam setiap aktivitasnya menjaga kelestarian ekosistem laut.

Para penyelam yang berasal dari komunitas penyelam yang berada di seluruh NKRI dimana mempunyai komitmen akan mengawal kelestarian laut untuk "Sustainable Diving."

"Kami Sebagai penyelam, merasa mendapat anugerah keahlian dapat diberikan kesempatan untuk melihat apa yang orang lain tidak dapat melihatnya. Seluruh keindahan dunia bawah air, dengan geologi yang unik, biologi, dan siklus kehidupan tersendiri dapat kami nikmati. " ujarnya

Menurutnya penyelam juga mendapat barisan paling depan untuk dampak negatif perubahan iklim dan kelakuan buruk manusia di darat di seluruh dunia, yaitu pemutihan karang, puing-puing bawah laut dan sampah, dan menurunnya populasi hewan laut kendati Diver juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kerusakan ekosistem laut, tidak sedikit terumbu karang rusak akibat tingkah laku penyelam itu sendiri atau pun dampak dari aktivitas diving.

Ditambahkannya dapat terus mendukung untuk penyelaman berkelanjutan (sustainable diving), dengan memahami praktik penyelaman yang ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi dampak negetif pada ekosistem laut.

"Berlatar belakang inilah kegiatan ini dilaksanakan sebab para penyelam memiliki kewajiban nuga menjaga laut. Maka sebagai penyelam saat melakukan penyelaman atau kegiatan kepedulian di darat dalam menjaga ekosistem laut dipublikasikan agar semua orang tahu kondisi laut. Banyak hal yang penyelam dapat lakukan untuk terus menjaga keindahan bawah laut," ujarnya

Indrawadi menambahkan aksi terdekat akan diakukan adalah "Aksi Nyelam Bersama Ambil Sampah di Laut" dalam rangka menyemarakkan HUT ke 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada Minggu 19 Agustus 2018 dan secara serentak oleh Diver seluruh Indonesia di daerah masing-masing dari Sabang-Marauke.

"Ayo Ajak semua komunitas penyelam dan lainnya di daerah mu, Kita tunjukkan Diver juga peduli laut ," katanya.