UNP targetkan pendidikan teknik mesin terakreditasi internasional

id UNP

UNP targetkan pendidikan teknik mesin terakreditasi internasional

Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP) Dr Sukardi Umar (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang melalui Fakultas Teknik menargetkan program studi teknik mesin memiliki akreditasi internasional, salah satu caranya adalah menjajal kerja sama dengan Universite Laval Kanada.

Wakil Dekan Fakultas Teknik Sukardi Umar di Padang, Kamis mengatakan salah satu cara mewujudkan hal itu adalah menggelar seminar internasional bidang teknik mesin dengan mendatangkan pengajar dari Universite Laval Kanada Hendra Hermawan.

"Saat ini prodi yang telah memiliki kelas internasional adalah teknik elektro dan kami berupaya mewujudkan prodi pendidikan teknik mesin juga memiliki akreditasi yang sama," katanya.

Menurut dia setelah hubungan ini terjalin langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian bersama, pertukaran pelajar dan lainnya. Selain itu Hendra Hermawan juga ingin membantu penelitian yang dilakukan mahasiswa UNP mulai dari tingkat diploma III hingga doktor.

"Hendra merupakan pengajar yag berkompeten di level internasional. Saat ini tulisannya yang ada di jurnal internasional telah dikutip 1.333 kali dan menjadi penelitian baru," kata dia.

Menurut dia langkah kerja sama ini bertujuan menguatkan visi kampus UNP menjadi kampus berstandar internasional. Tahun ini Fakultas Teknis akan menggelar dua kali internasional konferensi di bidang mesin.

"Hari ini kita menggelar seminar internasional pertama dan konferensi internasional akan digelar beberapa bulan ke depan. Selain itu join kurikulum harus dilakukan dalam mewujudkan hal tersebut," kata dia. (*)