Semarak Literasi meriahkan perayaan HUT Kemerdekaan di Padang Panjang

id HUT Kemerdekaan RI,Semarak Literasi Kemerdekaan

Semarak Literasi meriahkan perayaan HUT Kemerdekaan di Padang Panjang

Seorang anak berpuisi dalam kegiatan Semarak Literasi Kemerdekaan di Padang Panjang, Kamis. (Antara Sumbar/ FPL Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memeriahkan peringatan ke-73 HUT Kemerdekaan RI lewat kegiatan Semarak Literasi Kemerdekaan.

"Semarak Literasi Kemerdekaan untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan sekaligus menyemarakkan kegiatan literasi," kata Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Yoni Aldo di Padang Panjang, Kamis.

Kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan di Padang Panjang dan merupakan ajang kreativitas terutama bagi anak sekolah namun tetap terbuka bagi masyarakat yang ingin ikut unjuk penampilan.

Di Padang Panjang, ujarnya, terdapat kegiatan belajar sastra gratis setiap akhir pekan. Lewat panggung Semarak Literasi Kemerdekaan, ilmu yang sudah didapat di setiap akhir pekan bisa disalurkan.

Peserta yang ingin tampil dapat menyuguhkan bakat seni, mendongeng, baca puisi, monolog dan kemampuan lainnya.

Karena berkaitan dengan kemerdekaan, tema yang diangkat adalah tentang kemerdekaan namun anak yang ingin menampilkan kemampuannya tetap diberi kebebasan mengangkat tema sesuai keinginan.

"Yang penting dalam kegiatan ini menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri anak tampil di depan umum sekaligus wadah untuk menyalurkan pengetahuan yang sudah didapat di kelas sastra," ujarnya.

Selanjutnya pada malam hari warga diajak nonton bareng film perjuangan di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan guna mengingatkan kembali perjuangan bangsa meraih kemerdekaan.

Diagendakan acara serupa dapat dilaksanakan rutin minimal satu kali dalam dua bulan agar anak-anak di daerah itu terdorong mecintai literasi dan memiliki keberanian unjuk kemampuan. (*)