Siswa mengenal nusantara kagumi keindahan alam dan budaya Minangkabau

id SMN 2018

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 cicipi kuliner khas Minangkabau. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Di sini yang paling mencolok selain keindahan alamnya, juga kuliner yang nikmat dan diolah dari bumbu-bumbu yang menghasilkan rasa berbeda dari kuliner daerah lain
Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Siswa/siswi dari Provinsi Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 sejak datang ke Sumatera Barat beberapa hari lalu mengaku sangat mengagumi keindahan alam dan budaya Minangkabau.

Salah seorang peserta SMN 2018, Akram di Payakumbuh, Kamis, mengatakan sejak awal ia dan rekan-rekannya sudah memuji keindahan alam Ranah Minang.

"Panorama Bukittinggi bagus sekali dan juga wisata ke Lobang Jepang cukup berkesan, karena sekaligus kami bisa belajar sejarahnya secara langsung," kata dia.

Kemudian ia juga memuji keindahan rumah adat Sumatera Barat setelah mengunjungi Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang.

Di PDIKM Padang Panjang, lanjutnya sebanyak 30 peserta SMN juga diajak makan bajamba yang merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabaudengan cara duduk bersama-sama.

"Kami juga mengagumi keindahan air terjun Lembah Anai yang berada tepat di sisi jalan raya," kata dia.

Kemudian pada hari ini, Kamis (16/8) seluruh peserta SMN juga mengunjungi Kota Payakumbuh, salah satunya ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) Payakumbuh.

"Di sini yang paling mencolok selain keindahan alamnya, juga kuliner yang nikmat dan diolah dari bumbu-bumbu yang menghasilkan rasa berbeda dari kuliner daerah lain," ujar Akram.

Sementara perwakilan dari PT Bukit Asam, Juliana berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan memotivasi siswa lebih kreatif dan mencintai Indonesia.

Setelah lima hari di Sumatera Barat, lanjutnya siswa/siswi ini sudah berkeliling mulai dari Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan hari ini d Kota Payakumbuh.

"Ketika kembali nanti ke Sulawesi Selatan, silahkan bercerita ke teman-teman, keluarga dan kerabat di sana mengenai pengalaman selama di Ranah Minangkabau," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam belajar dan terus menggali potensi diri, karena kelak mereka adalah calon-calon pemimpin negeri ini.

PT Bukit Asam dan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) merupakan dua BUMN yang ditugaskan menjadi pelaksana kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumbar pada 2018. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar