Museum rumah kelahiran Bung Hatta ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri

id Hatta, proklamator, bukittinggi, museum

Kamar kelahiran Hatta di Museum Rumah Kelahiran Proklamator Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/Syahrul R/18)

Bung Hatta merupakan salah satu tokoh nasional asal Bukittinggi yang ikut mendirikan Indonesia, sayang jika tidak disempatkan untuk mengunjungi rumah kelahirannya
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Museum Rumah Kelahiran Proklamator Bung Hatta yang terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat diminati oleh wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Pengelola museum, Dessi Warty di Bukittinggi, Kamis, mengatakan wisatawan tersebut biasanya ramai saat liburan akhir semester, libur panjang lebaran serta libur akhir tahun.

"Selain dari daerah Bukittinggi, pengunjung pada umumnya berasal dari luar Sumbar, hampir dari seluruh daerah di Tanah Air," katanya.

Ia menyebutkan, dari seluruh pengunjung tersebut rata-rata didominasi oleh pelajar dan mahasiswa dibandingkan dengan masyarakat umum, biasanya selain berwisata mereka juga melakukan studi lapangan.

Menurut dia, tingkat kunjungan wisatawan ke museum tersebut selalu meningkat sejak tiga tahun belakangan, yang dimulai dari tahun 2015 dengan jumlah pengunjung sebanyak 8.930 orang.

Selanjutnya pada tahun 2016 kunjungan meningkat menjadi 9.339 orang dan pada tahun 2017 tingkat kunjungan mencapai angka 10.489 pengunjung.

"Diperkirakan untuk tahun ini akan terus meningkat dibandingkan kunjungan beberapa tahun sebelumnya," ujarnya.

Pada Museum Rumah Kelahiran Proklamator Bung Hatta tersebut terdapat beberapa peninggalan yang dahulunya pernah dipergunakan oleh keluarga maupun Bung Hatta sendiri.

Selain itu pada beberapa bagian dinding rumah terdapat beberapa foto lama keluarga Bung Hatta serta fotonya semenjak kecil hingga ia menjabat sebagai wakil presiden pertama RI.

Salah seorang pengunjung, Ridha Fauza M (24) mengatakan kunjungan tersebut dilakukan lantaran ketertarikannya kepada sejarah serta sosok Bung Hatta.

"Bung Hatta merupakan salah satu tokoh nasional asal Bukittinggi yang ikut mendirikan Indonesia, sayang jika tidak disempatkan untuk mengunjungi rumah kelahirannya," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar