Pemkab Solok kembali buka pameran bursa kerja

id Bursa Kerja,Job Fair,HUT RI

Pemkab Solok kembali buka pameran bursa kerja

Bupati Solok, Gusmal memberi arahan pada bursa kerja. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat, membuka pameran bursa kerja untuk mengurangi pencari kerja di daerah setempat di Taman Hutan Kota Wisata (THKW), Rabu.

"Pada saat ini jumlah penduduk Kabupaten Solok kurang lebih 398.692 pada 2017 dan terdapat 10.422 orang yang mencari pekerjaan," kata Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Rabu.

Ia menyadari bahwa saat ini lulusan SMA atau SMK dan perguruan tinggi terus meningkat, sedangkan lowongan pekerjaan yang tersedia sangat rendah. Kondisi itu yang mendorong Pemkab Solok kembali membuka bursa kerja atau job fair yang ketiga untuk mengurangi pengangguran.

"Adanya job fair ini bisa mempermudah para pencari kerja dalam menemukan perkerjaan yang sesuai dengan keahlian, keterampilan, dan keinginan," kata dia.

Berbagai program dan kegiatan tengah dilakukan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesempatan kerja diantaranya melalui pelatihan keterampilan kerja yang dilaksanakan di BLK dan pengiriman siswa pelatihan boarding ke balai besar pelatihan kerja.

Ia mengapresiasi Dinas Penanaman yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam pameran bursa kerja tersebut.

Ketua Pelaksana, Erizal mengatakan job fair kali ini adalah yang ketiga kalinya diadakan di kabupaten Solok, kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 73 pada 2018

Menurutnya, bursa kerja ini untuk menghubungkan antara para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

"Pada job fair ketiga ini diikuti 17 perusahaan, dan diperkirakan sekitar 300 lowongan yang dibuka," kata dia.

Ia menyebutkan selain acara job fair, pihaknya juga bekerja sama dengan Auto 2000 Padang dengan memberikan pelayanan servis dan uji emisi gratis.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Barat, Zudarmi mengatakan angka pengangguran di Sumatera barat saat ini masih tinggi, karena itu adanya pameran bursa kerja ini diharapkan menekan angka pengangguran tersebut.

"Untuk menekan angka pengangguran tidak hanya tugas pemerintah tetapi tugas semua pihak memiliki peranan yang penting," katanya.

Ia berharap Pemerintah Kota atau Kabupaten lain dapat pula melaksanakan kegiatan seperti bursa kerja atau lainnya sehingga dapat lebih menekan lagi angka pengangguran. (*)