Ini harapan pemain Timnas Indonesia U-16 Andre terhadap sepak bola di Agam

id Trinda Farhan Satria

Ini harapan pemain Timnas Indonesia U-16 Andre terhadap sepak bola di Agam

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria didampingi Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur menyerahkan satu pasang sepatu bola kepada pemain Timnas U-16, Andre Oktaviansyah, Selasa (14/8). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Saya sudah lama tidak ke kampung sehingga sudah kangen dengan keluarga di sini
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemain Timnas Indonesia U-16, Andre Oktaviansyah berharap kepada Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dapat melahirkan bibit pesepak bola muda baru yang mumpuni untuk bergabung dengan timnas.

"Ini harapan saya ke depan agar Timnas banyak diisi oleh pemain baru dari daerah," katanya saat silaturahim dengan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria di rumah dinasnya, Selasa malam (14/8).

Ia mengatakan pemerintah daerah bisa memberi dukungan dengan lebih memperhatikan sepak bola melalui penyediaan anggaran untuk pembinaan.

Selain itu perlu mengadakan even setiap tahun sebagai ajang mencari bibit-bibit baru.

"Dengan cara itu saya optimistis daerah ini bisa melahirkan pemain sepak bola baru yang lebih andal," katanya.

Pemain gelandang serang Garuda Asia itu pulang kampung ke Durian Tinggalan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari, Kabupaten Agam, dengan kedua orang tua dan kakaknya yang juga pemain sepak bola tim Persita.

Ia pulang kampung setelah membela Timnas pada Piala AFF U-16 di Sidoarjo dan keluar sebagai juara.

Rencananya, anak pasangan Syamsurizal dan Rosneli itu berada di Bawah sampai 20 Agustus 2018.

"Saya sudah lama tidak ke kampung sehingga sudah kangen dengan keluarga di sini," kata dia.

Setelah ini ia akan mengikuti pemusatan latihan dalam menghadapi Piala AFC U-16 di Malaysia pada September 2018, dan Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Iran, Vietnam dan India.

Apabila Indonesia masuk empat besar, maka Indonesia akan maju pada Piala Dunia U-17 di Peru pada 2018.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria merasa bangga bahwa putra dari daerah itu ikut membela Timnas pada Piala AFF U-16.

Dengan kehadiran Andre dan kakaknya atas nama Novriadi, bisa menjadi penyemangat bagi generasi muda di Agam dalam meningkatkan karir mereka pada sepak bola.

"Ini harapan kita dengan kehadiran Andre dan Novriadi," katanya.

Pemerintah setempat akan menggelar liga nagari untuk mencari bibit sepak bola di daerah itu, untuk mengaktifkan kembali lapangan sepak bola dan membangkitkan potensi atlet olah raga di daerah itu.

Liga nagari itu bakal digelar dalam waktu dekat di masing-masing nagari di Agam. Rencananya liga nagari itu bakal diluncurkan pada awal November 2018.

"Kita telah mempersiapkan liga nagari itu dan berharap berjalan dengan baik," katanya.

Silaturahim Andre Oktaviansyah dengan Wakil Bupati Agam itu juga dihadiri Ketua KONI setempat Zarfinus Makmur, tokoh masyarakat Bawan, dan lainnya.

Di akhir pertemuan Trinda Farhan Satria menyerahkan sepatu sepak bola kepada Andre, dan Ketua KONI Agam Zarfinus Makmur menyerahkan bantuan uang. (*)