81 tim ikut gerak jalan tepat waktu di Pasaman

id Jalan sehat

81 tim ikut gerak jalan tepat waktu di Pasaman

Kadis PMPTSP Pasaman Hasiollan disaksikan Wabup Atos Pratama melepas peserta lomba gerak jalan tepat waktu. Selasa (14/8). Kegiatan yang diikuti 81 tim tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-73. (Wahyu)

Lubuk Sikaping (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 81 tim ikut terlibat dalam gerak jalan tepat waktu di Pasaman, yang merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-73.

Tim tersebut, terdiri atas tingkat SD, SMP, SMA serta instansi dan umum, ikut memeriahkan lomba gerak jalan tepat waktu di Kabupaten Pasaman, Selasa (14/8).

Peserta gerak jalan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, bersama para unsur Forkopimda, Kepala OPD bertempat dipelataran Gelanggang Olahraga Rakyat (GOR) Tuanku Rao, Lubuksikaping.

Pantauan di lapangan, sebelum lomba dimulai para peserta tampak melakukan pemanasan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan berdoa bersama.

Mereka, juga menyanyikan yel-yel motivasi diri, dipimpin oleh masing-masing pimpinan regu.

Penonton juga tidak kalah ramai dan terus memberikan semangat kepada para jagoannya. Sorak-sorai dari penonton semakin menambah semarak perlombaan.

Menurut Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, tujuan kegiatan lomba gerak jalan ini adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Sehingga, para peserta diharapkan dapat membudayakan hidup sehat dengan berolahraga.

"Olahraga itu harus digelorakan. Dengan rajin berolahraga, tubuh akan sehat, jiwa pun menjadi kuat. Olahraga ini harus dimasyarakatkan," katanya.

Selain itu, pelaksanaan lomba gerak jalan tepat waktu ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kebangsaan, kerja sama dan solidaritas serta upaya pemerintan untuk menciptakan hidup sehat bagi masyarakat.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pasaman, Ricky Riswandi menambah, tim juri akan melakukan penilaian menyangkut kerapian, kekompakan, disiplin, kecepatan dan ketepatan waktu serta keutuhan barisan.

"Jika ada barisan yang tidak utuh dan waktunya lebih dari yang ditentukan maka akan dikurangi nilainya. Waktu tempuh SD dan SMP 40-45 menit, SMA beserta umum/instansi 55-60 menit," katanya.

Rute gerak jalan dimulai dari garis start di depan GOR Tuanku Rao dan finish di depan kantor BRI Lubuksikaping. Untuk tingkat SD, berbalik di depan CV Boy Karya. SMP, berbalik di depan Bhakti Ibu.

"Sementara, untuk tingkat SMA dan umum, berbalik di simpang PDAM hingga finish ditempat star. Satu tim berjumlah 10 orang," katanya.

Lomba gerak jalan tepat waktu ini diikuti sebanyak 81 tim. Tim itu berasal dari 48 instansi/umum, lima SMA, lima SMP dan 23 SD disekitaran wilayah Lubuksikaping. *