Kodim 0309 gelar pertandingan bola basket peringati HUT RI

id Kodim Solok,Bola Basket

Kodim 0309 gelar pertandingan bola basket peringati HUT RI

Ilustrasi. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0309 Solok, Sumatera Barat menggelar pertandingan "three on three Basketball Kodim 0309 Solok Cup" pada 11 hingga 16 Agustus 2018 untuk memperingati HUT RI ke 73.

"Selain mewadahi minat siswa dalam bidang olahraga, kami juga berusaha menanamkan semangat juang kepada mereka karena berjuang dalam pertandingan," kata Dandim 0309 Solok, Letkol Arh Priyo Iswahyudi di Solok, Senin.

Ia menjelaskan pihaknya berusaha memberikan dukungan materi dan nonmateri untuk mewadahi minat siswa penggemar basket di Kota dan Kabupaten Solok.

"Yang penting siswa kita mempunyai kegiatan positif, jangan seperti siswa yang keluar jalur tidak mempunyai tempat untuk mengekspresikan dirinya," kata dia.

Menurutnya, pada masa sekarang ini banyak siswa yang terlibat tawuran, perkelahian, bahkan mengisap lem atau narkoba karena tidak mempunyai jati diri dan sesuatu kegiatan yang mengekspresikan dirinya.

Karena tingginya animo siswa SMP dan SMA. Kodim membatasi setiap sekolah hanya bisa mengirimkan dua tim putra putri.

Siswa-siswa harus diberikan kemudahan dalam mengikuti hobinya, karena olahraga sebagai penyaluran aspirasi dan kreasi siswa. Sehingga terhindar dari hal-hal negatif yang bisa merusak generasi.

Dalam pertandingan yang diikuti 81 tim di Kota dan Kabupaten Solok diharapkan akan tercipta keharmonisan antara pelajar tersebut.

Sementara Wakil Wali Kota, Reinier sangat mengapresiasi kegiatan pertandingan olahraga basket yang digagas oleh Dandim tersebut.

"Saya sangat berterima kasih atas perhatian Dandim terhadap anak-anak Kota dan Kabupaten Solok yang hobi olahraga basket sehingga mengadakan pertandingan ini," kata dia.

Ia berharap dengan kegiatan ini juga dalam artian untuk mengisi kemerdekaan RI yang semakin kurang dihargai generasi muda.

Dalam bertanding, tentunya mereka akan berjuang untuk memperoleh kemenangan, walau perjuangan kini berbeda dengan pada zaman kemerdekaan.

"Sekarang tantangan kalian harus membatasi penggunaan internet karena mudahnya diakses, dan menjauhi narkoba," katanya.

Pertandingan olahraga salah satu kegiatan positif bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan. (*)