GenRe wadah bagi remaja kelola potensi diri

id generasi berencana,GenRe

GenRe wadah bagi remaja kelola potensi diri

Penampilan seni para remaja dalam kegiatan GenRe di Padang Panjang, Senin. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memanfaatkan program Generasi Berencana (GenRe) sebagai wadah bagi remaja untuk mengelola potensi dan mengembangkan diri.

"Dalam GenRe ada tiga kegiatan utama yang kami ajarkan pada remaja untuk disebarkan lagi pada teman-temannya," kata Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKBP3A) Padang Panjang, Martoni di Padang Panjang, Senin.

Ketiga kegiatan utama tersebut yaitu mendewasakan pernikahan, menjauhi narkoba dan menjauhi pergaulan bebas.

Melalui GenRe, pihaknya melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah berkaitan dengan pengembangan kreativitas diri dan kegiatan keagamaan sehingga remaja menyadari bahwa waktunya harus diisi dengan hal positif.

Selanjutnya hal positif yang dilakukan dapat dituangkan dalam suatu kegiatan berisi kreativitas remaja.

Pemerintah setempat menggelar festival GenRe yang kedelapan kalinya pada 12 sampai 14 Agustus 2018 diikuti oleh siswa SMP, MTs, SMA, MA dan SMK.

Tema yang diangkat yaitu Membangun GenRe Berkarakter yang Berintegritas, Beretos Kerja dan Berjiwa Gotong Royong untuk Meraih Demografi.

"Kegiatan ini untuk membina generasi muda agar mereka sibuk mengembangkan potensi diri sehingga tidak ada waktu untuk hal yang sifatnya menyimpang," ujarnya.

Semua kegiatan yang ada dalam festival itu merupakan kreativitas dari para remaja dan tentunya ada berbagai macam perlombaan yang akan diperlombakan.

"Dari pemerintah daerah, kami punya target Padang Panjang memiliki slogan baru sebagai 'Kota GenRe'. Lewat GenRe remaja merangkul sesamanya dan masyarakat untuk menyebarkan hal-hal positif," ujarnya. (*)