Tim kesenian asal Solok tampil memukau di Rusia

id TIM KESENIAN SOLOK

Tim kesenian asal Solok tampil memukau di Rusia

Penampilan tim kesenian Kota Solok di Moskow, Rusia pada 5 Agustus 2018. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Tim Kesenian Sanggar Lubuk Nan Tigo Kota Solok, Sumatera Barat, telah sukses menampilkan pertunjukan musik dan tari dengan memukau di Moskow, Rusia pada 3 hingga 5 Agustus 2018.

"Pertunjukan sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok menyukseskan festival Indonesia ke-3 di Moskow, Rusia," kata Kabag Humas Kota Solok, Nurzal Gustim di Solok, Senin.

Ia menjelaskan sanggar Lubuak Nan Tigo mewakili Provinsi Sumatera barat dipercaya tampil pada acara pembukaan dengan tari pasambahan yang menyuguhkan siriah dalam carano.

Acara ini langsung dihadiri langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Wakil Perdana Menteri Rusia dan pejabat Pemerintahan Rusia, Gubernur Sumbar dan Ketua Dekranasda beserta rombongan dari Sumbar.

Menurutnya, antusias pengunjung khususnya masyarakat Rusia terbukti ramainya penonton yang hadir menyaksikan saat penampilan dari sanggar lubuak nan tigo dari kesenian jawa dan provinsi lainnya

Kepercayaan yang diberikan oleh KBRI terhadap Sumbar terbukti dari jadwal penampilan yang diberikan setiap hari dengan materi yang berbeda beda selama tiga hari di Presnya Kresnaya Park Moscow.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi penuh terhadap suksesnya penampilan sanggar Lubuak Nan Tigo yang dibiayai penuh oleh APBD Provinsi melalui dinas Pariwisata Sumbar.

Gubernur berharap dengan suksesnya penampilan dari tim kesenian Sumbar dapat merubah mindset pemikiran warga asing tentang Indonesia yang bukan hanya Bali tetapi juga ada Sumbar yang kaya akan kesenian dan budayanya.

"Tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Rusia," katanya. (*)