332 caleg perempuan rebutkan 65 kursi DPRD

id KPU,Caleg Perempuan,KPU Sumbar

332 caleg perempuan rebutkan 65 kursi DPRD

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Amnasmen (tengah). (Antara Sumbar)

Padang, 13/8 (Antara) - Sebanyak 332 calon legislatif (Caleg) perempuan memperebutkan 65 kursi di DPRD Sumbar dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Hal ini diketahui berdasarkan rilis Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Sumbar yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar di Padang, Senin.

Dalam rilis tersebut jumlah caleg perempuan terbanyak yang didaftarkan partai ke KPU Sumbar yaitu 25 orang. Ada lima partai yang mendaftarkan 25 caleg perempuannya yaitu Partai Golkar, Partai Perindo, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura dan Partai Demokrat.

Sementara partai yang paling sedikit mendaftarkan caleg perempuan kepada KPU Sumbar yaitu Partai Garuda yang hanya mendaftarkan sebanyak enam caleg perempuan dari 15 caleg yang masuk dalam daftar DCS..

Di dalam rilis tersebut terdapat nama srikandi-srikandi DPRD Sumbar periode 2014-2019 yang kembali ikut berlaga dalam Pileg 2019 seperti Siti Izzati, Rahayu Purwanti, Marlina Suswati, Riva Melda, Armiati, Zusmawati dan Endarmy.

Siti Izzati kembali maju bersama Partai Golkar dengan nomor urut pertama dari dapil Sumbar II yang meliputi Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya Marlina Suswati juga maju dari Partai Golkar dengan nomor urut tiga dari daerah pemilihan Sumbar VI yang meliputi Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang.

Kemudian Riva Melda yang maju dari PDI Perjuangan dengan nomor urut lima di daerah pemilihan Sumbar IV yang meliputi Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat. Setelah itu Armiati yang maju bersama Partai Hanura dengan nomor urut satu di daerah pemilihan Sumbar III yaitu Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.

Selanjutnya Zusmawati terdaftar sebagai caleg Partai Hanura dengan nomor urut tiga dari Sumbar IV Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

Sementara Rahayu Purwanti yang kembali maju bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah pemilihan Sumbar I yaitu Kota Padang dan Endarmy kembali maju bersama Partai Nasdem dengan nomor urut satu di daerah pemilihan Sumbar II meliputi Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Kemudian ada lagi tokoh wanita yang didaftarkan partai menjadi caleg seperti istri Wali Kota Padang Harneli yang didaftarkan PKS dengan nomor urut enam di dapil Sumbar I Kota Padang. Setelah itu istri Bupati Pasaman Barat Yunisra Syahiran maju dari Partai Gerindra di Dapil Sumbar IV Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

Kemudian mantan Kepala Dinas Sosial Kota Padang Frisdawati Amran Boer yang maju dari Partai Gerindra dengan nomor urut enam di dapil Sumbar I Kota Padang dan anggota DPRD Padang periode 2014-2019 Mailinda Rose juga maju dari partai Nasdem dengan nomor urut dua di dapil Sumbar I yakni Kota Padang.

Sebelumnya Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengajak masyarakat daerah itu untuk memiliki pengetahuan tentang rekam jejak calon anggota legislatif yang berpartisipasi pada Pileg 2019.

"Saat ini kita dalam tahap pengenalan Daftar Calon Sementara (DCS) kepada masyarakat agar mereka dapat melihat dan mengetahui rekam jejak wakil yang akan mereka pilih dalam Pileg 2019," katanya.

Menurutnya tahapan pengenalan DCS ini berlangsung dari tanggal 12 hingga 22 Agustus 2018 yang dilampirkan di website KPU, media massa, spanduk dan alat peraga lainnya. (*)

Baca juga: Gerindra Sumbar tidak penuhi keterwakilan perempuan