Jamkrindo: Potensi UMKM Sumbar tinggi

id Umkm, jamkrindo, wirausaha

Kepala Divisi Pemeringkatan UMKM dan Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo, Ceriandri Widuri. (Antara Sumbar/Syahrul R/18)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) menilai potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Sumatera Barat sangat tinggi.

Kepala Divisi Pemeringkatan UMKM dan Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo, Ceriandri Widuri di Bukittinggi, Minggu, mengatakan hal tersebut berangkat dari kebiasaan masyarakatnya yang terkenal sebagai wirausahawan.

"Orang Minang dikenal memiliki jiwa entrepreuneur yang tinggi, tidak hanya di kampung sendiri, di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri mereka dikenal memiliki jiwa pedagang," katanya.

Ia menyebutkan, dari tingginya potensi tersebut maka seluruh pengusaha UMKM itu membutuhkan pendampingan dalam pengelolaan usaha, terutama dalam hal pemodalan atau pembiayaan.

Menurut dia, sebagai lembaga pemerintah pihaknya berupaya membantu UMKM tersebut agar dapat naik kelas sehingga dapat memberikan dampak kepada masyarakat.

Beberapa persoalan yang umumnya dihadapi oleh para pengusaha UMKM adalah urusan pemodalan, ia menyebutkan banyak unit-unit usaha yang tidak dapat mengajukan pinjaman ke pihak bank karena terbentur beberapa persoalan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka pihaknya memiliki fungsi intermediasi yang menjembatani kepentingan UMKM dengan lembaga keuangan, baik bank maupun non bank.

"UMKM yang akan kita bantu adalah mereka yang layak, tetapi tidak bisa memenuhi persyaratan dari perbankan," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengatakan perkembangan UMKM di Sumbar dewasa ini mulai membaik yang terlihat dari meningkatnya pendapatan perkapita serta jumlah UMKM yang semakin banyak.

"Mudah-mudahan ini berdampak pada perekonomian masyarakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan pengurangan angka pengangguran," katanya.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar