TNI edukasi warga Pariaman tentang alutsista

id alutsiata

Kapten Inf Nurmantias Perwira Seksi Logistik Kodim 0308 Pariaman memberikan edukasi tentang Alutsista kepada mahasiswa pada pameran Pariaman Expo 2018. ((Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar))

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat memberikan edukasi kepada masyarakat di daerah itu tentang kecanggihan dan pengetahuan beberapa Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimiliki kesatuan tersebut.

"Penyelenggaraan Pariaman Expo 2018 Kodim 0308 Pariaman juga ambil bagian dengan menampilkan berbagai Alutsista yang dipajang untuk dilihat langsung oleh masyarakat luas," kata Kapten Inf Nurmantias Perwira Seksi Logistik Kodim 0308 Pariaman, di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan edukasi yang diberikan kepada masyarakat tersebut seperti pengenalan Senjata Mesin Ringan (SMR) yang merupakan buatan asli Indonesia melalui PT Pindad.

Senjata yang memiliki bobot berat mencapai 11,58 Kilogram dengan kaliber 7,62 mili tersebut menggunakan jenis tembakan otomatis, ujar dia.

Kemudian selain itu Kodim 0308 Pariaman juga memamerkan senjata jarak jauh atau pengintai yang diproduksi langsung oleh Zastava Arms salah satu perusahaan asal Yugoslavia keluaran 1993.

"Tidak hanya buatan Yugoslavia, kita juga memiliki persenjataan yang didatangkan dari Amerika Serikat, Belgia dan tentunya buatan anak negeri melalui PT Pindad," katanya.

Menurut dia pengenalan atau edukasi kepada masyarakat tentang Alutsista yang dimiliki TNI penting dilakukan. Tujuannya agar menimbulkan rasa kecintaan masyarakat kepada Tanah Air dan semangat bela negara.

Secara umum katanya, masyarakat yang datang dan mengunjungi stan Kodim 0308 Pariaman akan diedukasi terkait Alutsista sehingga memiliki referensi tambahan terkait bela negara.

Sementara itu Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pameran berbagai Alutsista yang dilakukan Kodim 0308 Pariaman kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk pendidikan bela negara.

Ia menilai hal itu penting dilakukan terutama kepada para pelajar dan generasi muda agar mengetahui berbagai ilmu tentang Alutsista serta menimbulkan stimulus kecintaan pada bangsa dan negara.

Apalagi katanya, tepat pada 17 Agustus 2018 Indonesia akan merayakan hari jadi ke-73. Hal itu juga selaras dengan upaya edukasi yang diberikan Kodim 0308 Pariaman.Kodim*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar