Pariaman promosikan kerajinan daerah melalui expo

id pariamanexpo

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) memperlihatkan contoh kerajinan asli daerah yang dipamerkan pada Pariaman Expo 2018. ((Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar))

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan kegiatan Pariaman Expo yang dihelat oleh pemerintah setempat merupakan upaya untuk mempromosikan berbagai aneka macam kerajinan daerah hingga ke tingkat nasional.

"Pariaman Expo secara rutin terus digelar setiap tahun, dengan sasaran aneka kerajinan daerah memiliki pangsa pasar yang tetap," kata Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan berbagai macam kerajinan daerah yang dipromosikan seperti rajutan, sulaman, bordir, termasuk kuliner khas Kota Pariaman yang dihasilkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM adalah mengubah cara pemasaran produk kepada konsumen.

Menurut dia, para pelaku UMKM harus bisa memasarkan berbagai kerajinan daerah berbasis internet karena dinilai lebih efektif dan efisien serta memiliki daya jangkau pasar yang lebih luas.

"Dengan memasarkan produk kerajinan daerah berbasis internet, pangsa pasar akan jauh lebih luas hal tersebut belum dimaksimalkan oleh pelaku usaha di Pariaman," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan terdapat puluhan stan yang disediakan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak Event Organizer (EO).

Selain pelaku usaha dari Kota Pariaman, pemerintah daerah juga mengundang pelaku usaha dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Sumbar.

Secara umum ujar dia, terdapat 65 pelaku UMKM dan ditambah 40 pedagang kreatif lapangan yang memasarkan aneka kerajinan daerah selama kegiatan Pariaman Expo.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan Pariaman Expo berbagai aneka macam kerajinan daerah semakin dikenal luas dengan menampilkan produk unggulan seperti rajutan, bordir, sulaman, kuliner khas daerah dan lainnya," kata dia.***3***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar